Hukum & Kriminal

HUT Ke-75 RI

609 Warga Binaan Lapas Pamekasan Dapat Remisi

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 609 orang warga binaan di lingkungan Lapas Kelas IIA Pamekasan mendapat remisi masa tahanan bersamaan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia (RI), Senin (17/8/2020).

Para warga binaan tersebut mendapatkan remisi berdasar Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI Nomor PAS-922.PK. 01.01.02.2020 tentang Pemberian Remisi Umum 17 Agustus 2020. Di mana dari total 609 warga binaan yang diusulkan, semuanya berhak mendapat remisi umum.

“Penyerahan remisi umum kepada warga binaan kita lakukan secara simbol, karena bersamaan dengan masa pandemi Covid-19. Namun untuk penyerahan remisi kepada semua warga binaan tetap dilaksanakan secara virtual di Lapas,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Pamekasan, M Hanafi.

Ratusan warga binaan yang diusulkan mendapatkan remisi dipastikan juga sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. “Mekanisme pengusulan remisi umum diawali dengan sidang TPP, dari 609 warga binaan yang diusulkan semuanya dinyatakan memenuhi syarat administratif dan substantif,” ungkapnya.

‘Jadi berdasar Surat Keputusan Menkum HAM tentang Pemberian Remisi Umum 17 Agustus 2020, sebanyak 609 warga binaan berhak mendapatkan remisi umum. Meliputi PP 28 sebanyak 2 orang, PP 99 sebanyak 373 orang dengan besaran 1 hingga 5 bulan,” jelasnya.

Selain itu, ratusan orang lainnya juga merupakan warga binaan yang mendapatkan remisi umum dengan katagori berbeda. “Remisi umum II dinyatakan habis masa pidana sebanyak 24 orang dengan besaran kurungan 4 hingga 5 bulan, namun untuk mendapatkan remisi ini tidak langsung menghirup udara bebas karena masih harus menjalani subsider,” jelasnya.

“Dari itu kami ucapkan selamat kepada seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi umum, semoga ini menjadi motivasi untuk selalu memperbaiki diri. Karena pemerintah akan memberikan reward berupa pengurangan masa pidana bagi mereka yang sudah menunjukkan perbuatan baik,” pungkasnya. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar