Hukum & Kriminal

499 Tersangka Terjaring Operasi Pekat Polres Malang

Malang (beritajatim.com) – Sedikitnya 499 tersangka premanisme berhasil diamankan Polres Malang dalam Operasi Pekat (penyakit masyarakat) Semeru 2018. Ada 515 kasus ditangani Polres Malang. Dimana dari jumlah kasus tersebut, ada ratusan tersangka namun hanya 32 tersangka dilakukan penahanan, 67 tersangka diajukan ke persidangan tindak pidana ringan, dan 499 tersangka dilakukan pembinaan.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menjelaskan, untuk kasus premanisme yang cukup banyak tersangkanya mencapai 457 tersangka, minuman keras sebanyak 65 tersangka, prostitusi sebanyak 23 tersangka, pornografi sebanyak 16 tersangka, narkoba sebanyak 16 tersangka, dan bahan peledak sebanyak 4 tersangka. \”Seluruh tersangka diamankan selama 12 hari operasi pekat,\” kata Yade Setiawan Ujung, Senin (4/6/2018).

Dijelaskan Ujung, untuk barang bukti yang diamankan terbanyak berupa minuman keras dari berbagai merk sebanyak 3.046 botol. Sedangkan untuk barang bukti lain mulai dari narkoba, sepeda motor rampasan, sajam, serbuk pembuat petasan dan petasan, serta lainnya.

Masih kata Ujung, dalam operasi pekat yang digelar selama 12 hari lebih dilakukan tindakan pengamanan terhadap para tersangka. Ini dimaksudkan agar para tersangka penjahat jalanan tersebut tidak membuat resah masyarakat pada bulan Ramadhan dan Lebaran mendatang.

\”Sebagian besar tersangka yang terjadi operasi pekat kami lakukan pembinaan. Dan untuk tersangka yang memang kasusnya berat dilanjut dengan tindakan hukum dan penahanan,\” ujung mengakhiri. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar