Hukum & Kriminal

Izin Kadaluwarsa

49 Pucuk Senpi Milik Anggota Polres Gresik Ditarik

Puluhan senjata api (Senpi) milik anggota Polres Gresik sedang diperiksa dan dicek kelengkapan surat-suratnya

Gresik (beritajatim.com)- Guna mengantisipasi aksi ala koboi jalanan, Polres Gresik melakukan pemeriksaan senjata api (Senpi) anggotanya serta polsek jajaran. Senpi yang dicek meliputi surat-surat dan kebersihan. Tujuan pengecekan ini untuk memastikan senpi yang digunakan untuk bertugas siap dipakai.

“Pengecekan dan pemeriksaan ini dalam rangka menekan penyalahgunaan senpi yang dibawa benar-benar aman dan siap pakai,” ujar Wakapolres Gresik Kompol Eko Iskandar, Senin (1/3/2021).

Ia menambahkan, jika surat-surat dalam kondisi mati maka senpi tersebut akan diambil. Hal yang sama jika surat senpi maupun kebersihan tidak diperhatikan. Maka senpi tersebut akan ditarik. “Anggota yang memegang senpi juga harus memenuhi syarat. Seperti lulus ujian psikotes atau psikologi, kemudian juga lulus uji praktik menembak,” imbuhnya.

Pemeriksaan seperti ini juga untuk mengantisipasi penyalahgunaan senpi oleh anggota Polres Gresik. Sementara Kasi Propam Polres Gresik Ipda Suharto menyatakan ada 49 senpi yang ditarik karena masa berlaku habis.

Selain memeriksa kondisi fisik senjata, pihaknya juga mengecek administrasi penggunaan senjata api. Hal itu agar kepemilikan senjata ini jelas dan terdata. “Kami juga mengecek administras kepemilikan senjata api tersebut, apakah sudah kadaluarsa apa tidak,” ujarnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar