Hukum & Kriminal

Di Jatim, Total Tahanan yang Dapat Hak Asimilasi Sebanyak 4.159 Orang

4 Tahanan yang Dapat Asimilasi Virus Corona Kembali Lakukan Kejahatan

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Pargiyono

Surabaya (beritajatim.com) – Kanwil Kemenkumham memberikan hak asimilasi pada 4.159 tahanan atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Jawa Timur selama masa pandemi virus Corona. Namun diantara tahanan yang akhirnya menghirup udara bebas tersebut kembali melakukan perbuatan jahatnya.

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Pargiyono menyatakan, sampai saat ini, ada 4 WBP di Jatim yang kembali melakukan perbuatan haramnya. Atau 0,1% dari keseluruhan WBP yang mendapatkan hak asimilasi dan integrasi.

Masing-masing yang terjadi di Blitar 1 orang WBP (dari Lapas Blitar/ pencurian sepeda motor), Surabaya 2 orang WBP (dari lapas Lamongan/ Jambret) dan di Malang 1 orang WBP (dari Lapas Madiun/ pencurian sepeda motor). “Kalapas dan Karutan tidak dalam kapasitas bisa mengikuti satu per satu WBP secara mendetail,” ujarnya, Senin (13/4/2020).

Untuk itu, Pargiyono menegaskan kepada jajarannya untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian yang melakukan penangkapan WBP dalam masa asimilasi dan integrasi. Ketika memungkinkan untuk langsung dikirim lagi ke Lapas, segera diminta untuk mendapatkan pembinaan dari pihak lapas/ rutan yang bersangkutan.

Salah satunya menempatkan WBP yang bersangkutan di sel isolasi dan tidak mengijinkan kunjungan baik langsung maupun video call. Dan memasukkan yang bersangkutan ke “Register F” sehingga WBP tersebut tidak lagi bisa mendapatkan haknya berupa remisi, asimilasi maupun integrasi.

“Ini merupakan bentuk pelanggaran berat, jadi yang berangkutan harus menjalani sisa pidana yang lama ditambah dengan yang baru,” tegasnya. [uci/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar