Hukum & Kriminal

4 ‘Spesialis’ Pencuri Barang di RSUD Pamekasan Ditangkap

Pamekasan (beritajatim.com) – Empat pelaku pencurian sejumlah barang milik keluarga pasien di kompleks RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, akhirnya tertangkap tangan dan diamankan Satpam rumah sakit, Sabtu (31/8/2019) malam.

Keempat pelaku tersebut masing-masing inisial AM (20) dan MR (18), warga Desa Bindang, Kecamatan Pasean, serta inisial AR (16) dan MM (16) warga Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean, Pamekasan.

“Kami sudah mengincar pelaku sejak lama, karena cukup banyak laporan dari keluarga pasien yang sering kehilangan sejumlah barang di area rumah sakit. Khususnya barang berupa Hp (Handphone) milik keluarga pasien,” kata Kepala Pavalium RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, Fauzi, Senin (2/9/2019).

Diakuinya, para pelaku terbilang cukup mahir dalam menjalankan aksinya. Sebab para pelaku berbagi tugas dalam beraksi, beberapa pelaku ada menyamar sebagai keluarga pasien, sementara pelaku lainnya bertugas memantau petugas keamanan hingga tugas beraksi masuk ke kamar pasien.

“Kasus barang hilang di area rumah sakit tidak hanya merendahkan para keluarga pasien, tetapi juga para perawat yang bertugas. Sebab sebagian keluarga pasien justru sempat mencurigai perawat yang sering keluar masuk ruang pasien,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya berharap bisa menjadi bahan evaluasi, tidak hanya bagi jajaran manajemen rumah sakit. Tetapi juga bagi keluarga pasien. “Kejadian ini tentunya menjadi bahan evaluasi bersama, baik keluarga pasien maupun manajemen rumah sakit. Selanjutnya mungkin bisa ditambah CCTV di sejumlah ruang pasien,” jelasnya.

Seyogyanya, dari total Pelaku yang ditangkap Satpam rumah sakit hanya tiga orang. Namun satu orang lainnya akhirnya diamankan setelah pengembangan hasil pemeriksaan terhadap pelaku yang lebih dulu diamankan petugas.

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku beraksi di tengah malam saat keluarga pasien tertidur. Bahkan adakalanya di saing hari saat pemilik barang lengah. Bahkan pengakuan dari salah satu pelaku, dirinya berbaur bersama keluarga pasien sebelum melancarkan aksinya.

Berdasar kejadian tersebut, Satreskrim Polres Pamekasan langsung mengembangkan kasus melalui proses penyidikan lebih lanjut. Sebab para pelaku dari aksi tersebut diduga lebih dari empat orang pelaku yang sudah diamankan. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar