Hukum & Kriminal

Pengamanan Pilkades Pamekasan

4.760 Personil Amankan Pilkades Serentak di Pamekasan

Kasubag Humas Polres Pamekasan, IPTU Nining Dyah.

Pamekasan (beritajatim.com) – Polres Pamekasan bakal menerjunkan sebanyak 4.760 personil gabungan pada H-1 pelaksanaan Pemilihan Kelapa Desa (Pilkades) 2019 yang akan digelar serentak, Rabu (11/9/2019) mendatang.

Jumlah tersebut nantinya bakal disebar di sebanyak 91 desa yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Seluruhnya merupakan desa yang akan melaksanaka  pesta rakyat secara serentak.

“Personil pengamanan dijadwalkan bergerak ke lokasi pilkades pada H-1, yakni tanggal 10 September 2019,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo, melalui Kasubag Humas IPTU Nining Dyah kepada beritajatim.com, Sabtu (7/9/2019).

Diakuinya, ribuan personil gabungan yang terdiri dari 13 instansi (sebelumnya ditulis 14 instansi) berbeda. Nantinya bakal dilepas secara simbolis di area parkir Stadion Gelora Madura Rato Pamelingan Pamekasan, Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan. “Nantinya para personil pengamanan langsung menuju desa yang akan menggelar pilkases,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya mengajak masyarakat agar selalu menjaga dan menciptakan suasana aman, damai dan kondusif selama pelaksanaan pilkades serentak 2019. “Tentunya kami berharap pelaksanaan pilkades tahun ini berlangsung aman, damai dan lancar hingga tahapan tuntas,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, total personil yang akan diterjunkan terdiri dari 13 instansi berbeda. Masing-masing sebanyak 689 personil Polres Pamekasan dan Polsek Jajaran, 1.503 personil BKO Polres Jajaran PAM TPS, 600 personil BKO Satbrimob Polda Jatim. Serta 12 personil BKO Escape Brimob Polda Jatim.

Selain itu, terdapat sebanyak 60 personil BKO Anti Anarkis, 100 personil Ditshabara Polda Jatim, 30 personil Rainmas Polda Jatim, 12 personil Dit Intelkam, 12 personil Dit Reskrim Polda, 5 personil Propam Polda, 1.100 personil BKO TNI, 182 personil Satpol-PP Pamekasan, 455 personil Linmas,

Sementara dari total 91 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak, tiga kecamatan berbeda masuk katagori terbanyak yang akan melaksanakan pilkades, yakni kecamatan Proppo dengan total sebanyak 13 desa, disusul kecamatan Pademawu sebanyak 12 desa, serta kecamatan Tlanakan dengan 11 desa.

Sedangkan dua kecamatan dengan jumlah desa paling sedikit yang akan melaksanakan pilkades serentak, yakni kecamatan Pamekasan (Kota), yakni hanya empat desa berbeda; Desa Laden, Nyalabuh Dheje, Toronan, dan Teja Timur. Terakhir Kecamatan Waru, yakni Desa Ragang, dan Tampojung Pregi. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar