Hukum & Kriminal

36 Tahun Jaga Udara Indonesia, Pesawat F Tiger II Resmi Jadi Monumen

Magetan (beritajatim.com) – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna meresmikan monumen pesawat F-5 E/F Tiger II di lapangan udara (lanud) Iswahjudi Maospati Magetan pada Rabu (6/2/2019).

Pesawat tersebut sudah memperkuat pertahanan angkatan udara Indonesia selama 36 tahun. Saat ini dengan alasan teknis, ekonomis dan teknologi yang sudah tertinggal, sehingga pesawat ini dipensiunkan.

‘’Dibangunnya monumen pesawat F-5 E/F Tiger II ini sebagai bukti sejarah bahwa pesawat ini telah mengabdi kepada Indonesia,’’ katanya.

Dengan begitu ini juga bisa menjadi kebanggan bagi kita semua, baik itu pilot, teknisi dan keluarga besar TNI angkatan udara. Selain jadi monumen di lanud Iswahjudi, Pesawat F-5 E/F Tiger II setelah dipensiunkan juga tersebar di 11 tempat di Indonesia.

‘’Ini yang terakhir rencananya akan ditempatkan di taman lalu lintas Bandung,’’ ujarnya.

Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengharap ini bukan sekadar monumen atau penanda saja. Tetapi lebih dari itu kedepan bisa menjadi sarana edukasi bagi generasi penerus bangsa untuk mengetahui sejarah kedirgantaraan Indonesia.

Pesawat yang mendapatkan julukan sang macan tersebut, di Skadron 14 lanud Iswahyudi pernah melaksanakan misi operasi tanah di Aceh, operasi Trikora, operasi Dwikora, operasi Tutuka, operasi Elang Sakti, operasi Garuda Jaya.

Pesawat tempur ini resmi dinyatakan grounded bulan Juli 2016. Dan sejak saat itu Pesawat F-5 E/F Tiger II sebagai pesawat tempur yang paling lama mengabdi kepada Negara Indonesia yaitu selama 36 tahun. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar