Hukum & Kriminal

36 Kendaraan Terjaring Razia Odol di Jalur Pantura Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Sebanyak 36 kendaraan yang masuk kategori over dimension over loading (Odol), terjaring razia di jalur pantai utara (Pantura), tepatnya di Jalan Raya Bungah Gresik.

Razia gabungan yang digelar oleh Dinas Perhubungan (Dishub), Polsek Bungah, serta Satlantas Polres Gresik, berlangsung selama satu jam dan menindak 36 kendaraan odol. Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra mengatakan, razia ini dilakukan dalam rangka penertiban dan penindakan kendaraan odol di bulan Januari 2020.

“Ada tiga penindakan terkait razia kendaraan odol ini. Pertama, penindakan terhadap truk yang over dimensi dan over load. Kedua, penindakan pelanggaran tata cara muat barang, dan yang ketiga pemeriksaan surat-surat kelengkapan kendaraan,” katanya, Selasa (21/01/2020).

Razia kendaraan odol tersebut lanjut Erika, akan terus dilakukan. Pasalnya, batas dimensi dan muatan kendaraan sudah ditetapkan oleh Dinas Perhubungan. Untuk menertibkan pengguna jalan yang melanggar, pihaknya kemudian melakukan penegakan hukum sebagai salah satu cara menciptakan keteraturan sosial melalui upaya sanksi tilang.

“Razia seperti ini nantinya akan terus dilakukan secara bertahap. Kita akan lakukan penilangan terhadap kendaraan yang dimensinya diluar ketentuan,” tandas Erika Purwana Putra. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar