Hukum & Kriminal

3 Pelajar Gresik Berboncengan, Tanpa Helm Malah Bawa Sajam

Gresik (beritajatim.com) – Tiga pelajar Mts asal Gresik, masing-masing SAW (13), MIR (14) dan MIH (13) yang mengendarai motor Honda Beat W 5691 ZF terjaring razia Operasi Patuh Semeru 2020 yang dilakukan oleh Satlantas Polres Gresik.

Ketiga pelajar ini terjaring razia petugas karena tidak mengenakan helm dan masih di bawah umur serta berboncengan tiga orang sewaktu melintas di depan Exit Tol Manyar, Gresik.

Dua petugas Aiptu Aly Majid dan Aiptu Nyoman memberhentikan motor yang dikendarai pelajar Mts itu. Saat ditanya surat-surat kelengkapan motornya, mereka tidak bisa menunjukkan.

Petugas yang curiga lalu meminta ketiga pelajar itu, turun dari motornya. Saat digeledah, petugas malah menemukan sebilah senjata tajam (sajam) yang disimpan di jok motor.

“Sewaktu motornya digeledah karena ada kecurigaan surat-suratnya tak dibawa. Anggota kami yang memeriksa di lapangan malah menemukan sajam,” ujar Kasatlantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto, Sabtu (1/08/2020).

Usai diamankan, motor dan ketiga pelajar Mts tersebut dibawa ke Polsek Manyar guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Mereka diperiksa satu per satu di ruang SPKT.

“Ketiga pelajar itu selain melanggar karena mengendarai motor di bawah umur, tidak memiliki SIM, surat kelengkapan motornya tidak lengkap, tak mengenakan helm dan berboncengan tiga. Ironisnya lagi ada sajam yang disimpan di jok motor,” tutur Yanto.

Terkait dengan pelanggaran lalu-lintas ini, mantan Kanitregident Satlantas Polrestabes Surabaya itu mengimbau kepada orang tua atau guru mengawasi pelajar yang hendak melakukan aktivitas diluar. Apalagi pelajar ini sudah berboncengan tiga dan tak memiliki SIM.

Seperti diberitakan, Satlantas Polres Gresik guna menekan angka kecelakaan lalu-lintas di jalan raya. Melaksanakan Operasi Patuh Semeru 2020 selama 14 hari.

Adapun pengguna jalan yang ditindak tidak mengenakan helm, pengendara di bawah umur, surat-surat kendaraan tak lengkap, melawan arus, pengendara dibawah umur, dan melawan arus. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar