Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Selama 2 Pekan

3.601 Pengendara Terjaring Mobil INCAR Polres Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Mobile Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) Satlantas Polres Kediri mencatat ribuan pelanggar aturan lalu lintas selama Operasi Patuh Semeru 2022. Para pelanggar umumnya tidak memakai helm.

Kasat Lantas Polres Kediri AKP Firdaus Canggih Pamungkas mengatakan, totalnya ada sebanyak 3.601 pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas selama Operasi Patuh Semeru 2022 yang ditindak melalui Mobil Incar. Ribuan pelanggar ini terekam selama kurun waktu dua pekan.

“Selama operasi patuh Semeru 2022, ada 3.601 pengendera yang tercapture oleh mobil Incar. Pelanggar menerima sanksi tilang elektronik,” kata, Selasa (28/6/2022).

Menurut AKP Canggih, jenis pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor. Paling banyak, mereka melakukan pelanggaran seperti tidak memakai helm. Sedangkan, ada beberapa yang melanggar menerobos lampu merah di traffic light dan pengendara mobil ada tidak memakai sabuk pengaman.

“Penindakan ini kita lakukan di lokasi yang sering melanggar lalu lintas dan rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Selain itu, dia mengungkapkan, penindakan pelanggar lalu lintas dengan INCAR ini dinilai lebih efektif untuk mendisiplinkan tertib dalam berlalu lintas kepada masyarakat dari pada penindakan secara manual. Hal tersebut juga membuat kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk tertib lalu lintas.

“Kita harapkan ke depannya pelanggar maupun angka kecelakaan lalu lintas bisa menurun,” tutup Kasat Lantas. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar