Hukum & Kriminal

2,5 Jam Diperiksa KPK, Bupati Mojokerto Ditanya Periode Pertama MKP Menjabat

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi setelah menjalani pemeriksaan KPK di lantai II Aula Wirapratama Polresta Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Selama 2,5 jam, Bupati Mojokerto, Pungkasiadi menjalani pemeriksaan tim penyidik Komisi Pemeriksaan Korupsi (KPK) terkait kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat mantan Bupati Mojokerto, Mustafa Kamal Pasa (MKP).

Sekitar pukul 12.51 WIB, Pung (panggilan akrab, red) turun dari ruang pemeriksaan lembaga anti rasuah dan menghampiri sejumlah wartawan yang sudah menunggu. Pung mengaku, diperiksa tim penyidik KPK untuk melengkapi pemeriksaan sebelumnya.

“Ya cuma lanjutan, jadi cuma lanjutan. Yang dulu kan saya sudah pernah dimintai keterangan masalah TPPU nya bapak MKP. Jadi saya cuma menegaskan saja. Ini banyak yang periode dulu jadi saya banyak yang tidak tahu,” ungkapnya, Rabu (29/1/2020).

Masih kata Pung, tim penyidikan KPK meminta keterangan terkait mantan Bupati Mojokerto dua periode tersebut di periode pertama. Yakni 2010-2015 sehingga, Pung mengaku banyak yang tidak tahu terkait orang maupun aset yang dimiliki suami Ikfina Fahmawati tersebut.

“Saya kenal sama ini atau apa? (Materi pemeriksaan, red). Cuma itu, saya kan dulu periode pertama banyak yang belum kenal. Tidak, ditanya aset kan saya ndak tahu. Beberapa aset nggak berapa tahu jadi artinya saya sampaikan juga kalau memang posisi periode pertama itu saya kurang tahu,” katanya.

Menurutnya, periode pertama mantan Bupati Mojokerto, MKP menjabat, ia banyak tidak tahu sehingga banyak pertanyaan yang dijawab dengan jawaban tidak tahu. Pung menegaskan, jika pemeriksaan keduanya tersebut hanya memperjelas keterangannya di pemeriksaan pertama.

“Mungkin itu. Ndak, sama itu periode bapak yang pertama saya belum tahu. Ya ndak tahu, yang lama dulu. Siapa-siapanya. Konfirmasi ulang. Sudah cukup tadi saya kasih keterangan,” tegasnya.

Sekedar diketahui, Pungkasiadi merupakan wakil mantan Bupati Mojokerto saat menjabat di periode kedua. Pasca ditetapkan tersangka dan ditahan KPK, Pungkasiadi menggantikan posisi MKP dan baru dilantik Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai Bupati Mojokerto pada, Selasa (14/1/2020) lalu.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar