Hukum & Kriminal

231 Narapidana di Lapas Bojonegoro Diusulkan Dapat Remisi Hari Raya

Bojonegoro (beritajatim.com) – Jumlah keseluruhan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bojonegoro sebanyak 434 orang. Jumlah tersebut dengan rincian sebanyak 77 orang tahanan dan 357 orang narapidana (napi).

Sedangkan dari total tersebut, tahanan yang masuk kasus pidana umum sebanyak 249 orang dan pidana khusus ada 185 orang. Pidana khusus yang ada di Lapas Bojonegoro diantaranya kasus narkoba sebanyak 168 orang, korupsi 16 orang dan teroris satu orang dan kasus cybercrime kosong.

Dari jumlah tersebut sebanyak 231 orang narapidana yang memenuhi syarat untuk diusulkan mendapat remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. “Jumlah narapidana yang mendapat remisi itu dari kasus pidana umum maupun pidana khusus,” ujar Kasi Binadik Lapas Bojonegoro, Ari Yuniarto, Jumat (7/5/2021).

Menurut dia, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh narapidana yang bisa mendapat remisi khusus hari raya ini. Adapun syarat bagi narapidana dan anak kasus pidana umum yakni berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan.

Sedangkan untuk narapidana yang menjalani pidana khusus harus berkelakuan baik dan telah menjalani satu per tiga masa pidana, serta harus ada justice collaborator atau bekerjasama dengan penegak hukum untuk mengungkap sebuah kasus. “Harus membuka jaringan untuk mengungkap lebih dalam kasusnya,” pungkasnya. [lus/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar