Hukum & Kriminal

764 Polisi Pemegang Senpi Akan Diperiksa Polrestabes Surabaya

23 Polisi Belum Perpanjang Izin Senpi

Petugas Poroam melakukan pemeriksaan senjata api dan petugas pemegang senpi di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (21/8/2019). (foto istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Polrestabes Surabaya menggelar pemeriksaan senjata api di jajarannya, Kamis (21/8/2019). Petugas pemeriksaan hari ini sudah mencatat ada 72 Polisi dan senjata api untuk diperiksa.

Kasipropam Polrestabes Surabaya, Kompol Kuncoro menjelaskan, pemeriksaan awal Kamis pagi mencatat ada 38 Polisi beserta senjata apinya.

“Pada catatan tersebut, petugas memeriksa fungsional senjata apakah normal atau tidak,” jelasnya.

Selain memeriksa fungsi senjata, petugas Propam juga memeriksa surat izin penggunaan senpi untuk bertugas dan psikologi petugas.

“Ada beberapa petugas yang belum memperpanjang surat izin penggunaan senjata api. Jadi senjata kita gudangkan (simpan) sembari menunggu surat izin diperpanjang,” lanjutnya.

Sementara menurut catatan kepolisian setidaknya ada 764 Polisi di jajajaran Kepolisian Polrestabes Surabaya menggunakan senjata api.

Petugas yang membawa senjata ini terbagi di 23 Polsek Jajaran Polrestabes Surabaya dan Mapolrestabes Surabaya.

Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Akhyar menjelaskan, hingga pemeriksaan hari ini tercatat ada 72 Polisi pemegang senpi diperiksa.

“Dari total tersebut ada 23 petugas yang belum perpanjang izin penggunaan senpi,” paparnya kepada beritajatim.com.

Kompol Akhyar juga menjelaskan, Polrestabes akan memeriksa kesiapan senpi dan personil pemegang senpi sampai selesai, yakni 764 personel.

Menurutnya, pemeriksaan senpi ini tak bisa selesai hanya sehari saja. Sehingga oetugas jajaran Polrestabes akan melakukan oemeriksaan sampai beberapa hari kemudian.

“Gak bisa sehari selesai. Jadi kemungkinan sampai pekan besok baru selesai pemeriksaan,” lanjutnya. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar