Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

20 Narapidana Lapas Klas IIB Mojokerto Dipindah ke Lapas Klas IIB Tuban

Sebanyak 20 narapidana Lapas Klas IIB Mojokerto saat akan dipindah ke Lapas Klas IIB Mojokerto. [Foto : istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 20 orang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Mojokerto dipindahkan ke Lapas Klas IIB Tuban. Pemindahan narapidana ini menyusul over kapasitas Lapas Klas IIB Mojokerto mencapai 1.010 orang penghuni.

Kepala Keamanan Lapas Klas IIB Mojokerto, Distri mengatakan, pemindahan 20 orang narapidana tersebut dilakukan pada, Sabtu (23/10/2021) kemarin. “Kapasitas Lapas Klas IIB Mojokerto saat ini over kapasitas 300 persen,” ungkapnya, Selasa (26/10/2021).

Masih kata Distri, semua Lapas di seluruh Indonesia saat ini mengalami over kapasitas. Lapas Klas IIB Mojokerto sendiri maksimal menampung 1.000 orang penghuni. Lantaran sudah melebihi jumlah maksimal sehingga harus dilakukan pemindahan.

“Sebanyak 20 narapidana ini dari kasus narkoba, meski Lapas Tuban bukan untuk kasus narkoba tapi karena siap jadi kita geser ke sana. Karena mereka yang dipindah harus menjalani isolasi selama 20 hari ke depan. Sejumlah Lapas tidak siap, seperti Madiun kita masih menunggu untuk bisa geser ke sana,” katanya.

Sebanyak 20 orang narapidana yang dipindah ke Lapas Klas IIB Tuban tersebut diindikasikan di dalam Lapas Klas IIB Mojokerto ada masalah gangguan keamanan. Pidana tinggi yakni di atas 5 tahun penjara, pernah terlibat masalah seperti perkelahian dan dipilih secara acak.

“Pemilihan 20 narapidana ini tidak serta merta, tujuannya hanya untuk mengurangi over kapasitas. Karena kapasitas kita mentok 1.000, kita tidak bisa menerima lagi jika di atas 1.000 sehingga harus digeser. Padahal di Polres maupun Polresta Mojokerto juga masih ada titipan,” jelasnya.

Dengan berkurangnya 20 orang narapidana ditambah dengan sejumlah narapida bebas murni maupun Pembebasan Bersyarat (PB), jumlah penghuni Lapas Klas IIB Mojokerto per tanggal 26 Oktober 2021 sebanyak 969 orang narapidana. [tin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar