Hukum & Kriminal

2 Pencuri Motor di Mess Sambikerep Dibekuk, 1 Pelaku DPO

Kedua pelaku curanmor berlutut diapit petugas Satuan Reskrim Polsek Lakarsantri, Surabaya, Minggu (17/5/2020). (Humas Polrestabes)

Surabaya (beritajatim.com) – Petugas Satreskrim Polsek Lakarsantri mengamankan pelaku pencurian sepeda motor di Kota Surabaya. Kedua pelaku yang diamankan yakni Enrico (20), asal Wonorejo Surabaya dan M.Dani (20), asal Kendalsari, kel. Panjaringan Sari Rungkut Surabaya.

Enrico dan Dani dibekuk anggota Reskrim Polsek Lakarsantri Surabaya setelah terbukti melakukan pencurian sepeda motor (curanmor). Keduanya diamankan usai melakukan aksi di sebuah Mess Jalan Sambikerep Gg.II Rt 10 / Rw 4, kel.Sambikerep Surabaya.

“Tersangka saat beraksi berjumlah tiga orang, dua orang kita tangkap sedangkan satu orang kita tetapkan daftar pencarian orang (DPO). Mereka mencuri dengan cara yang cepat. Satu joki, satu pengintai, serta satu orang lagi mengambil motor,” katta Kanit Reskrim Polsek Lakarsantri Iptu Suwono, Minggu (17/5/2020).

Penangkapan kedua pelaku ini berawal, Jumat (8/5/2020) lalu, ada laporan pencurian sepeda motor di Mess Jalan Sambikerep Gg.I Surabaya. Dari laporan tersebut petugas melakukan cek TKP dan interogasi saksi dan upaya lihat rekaman kamera pengawas.

Selanjutnya petugas melakukan penyellidikan dengan mencari data dan barang bukti lain. Hingga akhirnya petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku adalah spesialis pencurian.

“Kita amankan dua dan satunya DPO. Mereka mencuri sepeda motor dengan cerdik dan cepat. Sasaran dikunci dan pelaku lain mengawasi. Jika ada kode darurat atau ketahuan maka satu pelaku bersiap-siap lari,” paparnya.

Mantan Kanit Polsek Simokerto itu juga menuturkan, setelah melakukan interogasi terhadap kedua pelaku. Para pelaku mengaku bahwa barang hasil curian dijual ke Bangkalan, Madura. Satu unit mereka jual seharga Rp.2,5 juta, dan hasil penjualan oleh pelaku dibagi bertiga masing-masing Rp. 700 ribu dan sisanya dipergunakan untuk makan.

Dari penangkapan kedua pelaku ini, anggota Reskrim Polsek Lakarsantri berhasil mengamankan barang bukti berupa, sebuah kunci T dan 1 ( satu ) unit sepeda motor merk Honda Supra, tahun 2008, warna hitam, No. Pol : L – 6765 – AF ( sarana ). Kini kedua pelaku dijebloskan sel tahanan Mapolsek dan keduanya dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar