Hukum & Kriminal

194 Warga Lapas Bojonegoro Jalani Rapid Tes, 6 Reaktif Positif

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sebanyak 194 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bojonegoro dan 40 orang pegawai menjalani rapid tes. Dari hasil rapid tes yang diketahui pada 6 Mei 2020 tersebut enam orang menunjukkan reaktif positif.

Kepala Lapas Kelas II A Bojonegoro Edy Saryanto mengatakan, enam orang laki-laki yang hasil rapid tes reaktif positif telah ditempatkan di blok tahanan khusus. Secara rutin tim medis Lapas juga melakukan pemeriksaan terhadap perkembangan kesehatan keenam warga binaan tersebut.

“Setiap hari petugas medis melakukan cek kesehatan kepada enam orang ini dengan menggunakan APD lengkap di blok khusus isolasi,” ujarnya, Selasa (12/5/2020).

Sesuai dengan hasil laporan dari tim medis, pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermo gun kepada enam orang yang reakif positif tersebut masih di bawah 37 derajat celcius. Kondisi kesehatannya juga tidak menunjukkan gejala terpapar virus corona atau Covid-19.

“Semua kelihatan sehat-sehat gitu, tidak ada gejala demam, pilek, batuk, mual dan muntah. Tapi, meski demikian rencananya dalam minggu ini akan dilakukan tes swab bersama Dinas Kesehatan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kapasitas penampungan di Lapas Kelas II A Bojonegoro ini sebanyak 117 orang. Namun, kondisinya saat ini sudah overload hingga 100 persen dari kapasitas, yakni sebanyak 278 penghuni. Dengan rincian sebanyak 247 orang narapidana dan 31 orang tahanan. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar