Hukum & Kriminal

192 Kendaraan Kena Tilang Malam Saat Tahun Baru

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 192 unit kendaraan bermotor kena tilang di Kabupaten Jember, Jawa Timur, saat malam tahun baru, Selasa (31/12/2019). Ada tiga lokasi razia, yakni di kawasan Bhayangkara, Jompo, dan depan RRI. Polisi menyita 59 barang bukti surat tanda nomor kendaraan, 123 kendaraan bermotor, dan 10 surat izin mengemudi.

“Dalam pra Operasi Lilin kami mengantisipasi balap liar. Kemudian kami tingkatkan kembali dalam operasi kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan bermotor, karena banyak kendaraan roda dua yang terlibat kecelakaan hanya gara-gara spesifikasi kendaraan bermotor seperti ban kecil dan tak pakai spion,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jember Ajun Komisaris Edwin Nathanael, Rabu (1/1/2020).

Ban kecil yang tak sesuai spesifikasi berbahaya, karena musim hujan sudah tiba. Menurut Edwin, terjadinya kecelakaan tunggal disebabkan ukuran ban yang tak sesuai standar. “Untungnya tak mengarah pada korban luka berat atau meninggal dunia,” katanya.

Angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sekitar 11 persen pada 2019 dibandingkan 2018. Polisi pada awal 2019 melakukan angkah preemtif pada sekolah dan komunitas klub.

Akhir tahun 2019, polisi melakukan tindakan represif. “Kami juga melakukan penindakan over dimensi over loading,” kata Edwin. Penindakan ini ditujukan kepada kendaraan roda empat terutama truk dan angkutan umum. (wir/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar