Hukum & Kriminal

175 Napi Rutan Sampang Diajukan Dapat Remisi

Sampang (beritajatim.com) – Memasuki bulan Agustus, ratusan Narapidana (napi) yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Sampang, diajukan mendapatkan Remisi saat peringatan hari Kemerdekaan mendatang.

Kasubdit Pelayanan Rutan, Djamaluddin mengatakan, pada momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke 74 terdapat ratusan napi yang sudah memenuhi syarat dan berkelakukan baik diajukan mendapat remisi. Para napi yang diajukan itu dari semua kasus, meliputi narkoba, pencurian dan lainya.

“Yang diajukan mendapat remisi kemerdekaan kali ini sebanyak 175 dari total penghuni Rutan berjumlah 312 orang dari semua kasus. Namun mayoritas napi yang diajukan mendapat remisi ini adalah kasus narkoba,” terangnya, Rabu (31/7/2019).

Ia menjelaskan, persyaratan bagi para napi untuk mendapatkan remisi, yakni tahanan yang sudah menjalankan masa kurungan penjara minimal 6 bulan dari putusan pengadilan. Selain itu, selama berada di rutan berkelakuan baik serta aktif mengikuti kegiatan positif yang diadakan oleh pengelola Rutan Sampang.

“Prinsipnya, napi kasus apa saja yang sudah memenuhi persyaratan, berhak diajukan mendapatkan remisi, karena itu adalah hak para napi yang terjamin dalam undang-undang,” tandasnya. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar