Hukum & Kriminal

157 Napi Rutan Sumenep Diusulkan Dapat Remisi

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 157 narapidana (napi) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Kabupaten Sumenep, diusulkan untuk mendapatkan remisi Idul Fitri 2019.

“Usulan pemberian remisi itu sudah kami sampaikan kepada Menteri Hukum dan HAM. Ada 157 warga binaan kami yang diusulkan. Tapi itu baru usulan tahap pertama. Masih dimungkinkan ada usulan berikutnya hingga 23 Mei 2019,” kata Kepala Rutan Klas II B Sumenep, Beni Hidayat, Senin (13/05/2019).

Ia menjelaskan, para napi yang diusulkan untuk mendapatkan remisi lebaran tersebut merupakan napi kasus kriminal umum dan narkoba. “Tidak semua warga binaan bisa diajukan untuk dapat remisi. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi supaya bisa diusulkan untuk mendapatkan remisi,” ujarnya.

Menurut Beni, salah satu persyaratan agar bisa diusulkan menerima remisi adalah napi yang bersangkutan telah menjalani hukuman penjara minimal 6 bulan. “Selain itu narapidana tentu saja harus berkelakuan baik selama berada di dalam tahanan, dan aktif mengikuti kegiatan di dalam rutan,” ucapnya.

Ia memaparkan, ada 40 narapidana di Rutan Sumenep yang tidak memenuhi syarat untuk diusulkan memperoleh remisi. Diantaranya karena belum menjalani masa hukuman 6 bulan. “Selain itu tidak ada surat keterangan ‘justice collaborator’ bagi pidana tertentu, dan ada catatan pelanggaran tata tertib. Kemudian ada napi non muslim. Remisi Idul Fitri ini hanya untuk napi muslim,” terangnya. Saat ini jumlah total penghuni Rutan Sumenep 331 orang, terdiri dari 197 narapidana dan 134 tahanan. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar