Hukum & Kriminal

147 Polisi Sampang Tes Psikologi untuk Pinjam Pakai Senjata Api

Tes psikologi peminjaman senjata api polisi di gedung sanika satyawada

Sampang (beritajatim.com) – Sejumlah Anggota Polres Sampang beserta Polsek jajaran menjalani tes psikologi sebagai salah satu persyaratan untuk meminjam dan memakai senjata api (Senpi).

Tes psikologi tersebut mendatangkan empat orang petugas dari bagian Psikologi Ro SDM Polda Jawa Timur, yang dilaksankan di gedung Sanika Satyawada Polres Sampang.

Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, melalui Kasubbag Humas Iptu Sunarno mengatakan , tes psikologi dilaksanakan sebagai salah satu persyaratan personel Polri khususnya Polres Sampang dalam pengajuan permohonan pinjam pakai senjata api dinas dan juga sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan pimpinan terhadap anggota yang akan menyalahgunakan senjata api akibat terganggunya kemampuan pengendalian emosi anggota.

“Hasil tes phisikologi akan menentukan apakah anggota tersebut layak mendapatkan rekomendasi dari pimpinan fungsi dan tempat anggota bertugas untuk memegang senjata api,” ujar Sunarno, Selasa (11/11/2020).

Lanjut Sunarno, anggota yang dinyatakan lulus tes tidak bisa langsung memegang senjata api organik milik Polri. Pimpinan Polri khususnya Kapolres Sampang dan Pejabat Utama (PJU ) memiliki banyak pertimbangan kepada anggota yang akan mengajukan senjata api, guna menjaga kemungkinan adanya penyalahgunaan penggunaan senjata api dalam tugas.

“Satuan fungsi atau tempat tugas anggota berdinas juga menjadi syarat, ditambah pertimbangan dan penilaian pimpinan kepada anggota yang akan mengajukan senjata api,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, sesuai data peserta tes psikolog berjumlah 147 polisi, terdiri dari 17 orang perwira, 55 orang bintara Polres Sampang dan 75 orang bintara Polsek jajaran. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar