Hukum & Kriminal

13 Peserta Didik Sespim Polri Belajar ke Polrestabes Surabaya

Belasan Peserta Didik Sespim Polri Belajar ke Polrestabes Surabaya, Senin (21/10/2019).(istimewa)

Surabaya, (beritajatim.com)- Sebanyak 13 orang siswa sekolah lanjutan anggota Polri aktif berpangkat minimal Kompol (Komisaris Polisi) belajar di Polrestabes Surabaya, Senin (21/10/2019).

Para siswa yang berpangkat Kompol jnj datang untuk meningkatkan karir ke jenjang berikutnya. Wakapolrestabes Surabaya AKBP Dr Leonardus Simarmata, beserta seluruh pejabat utama Polrestabes Surabaya menyambut sespimmen Polri bertempat di Ruang M Yasin Mapolrestabes Surabaya.

“Jadi Surabaya ini memiliki kompleksitas kriminalitas. Selain kwantitas kriminalitas, kwalitas kriminal juga banyak terjadi di Surabaya,” jelasnya kepada beritajatim.com, Senin (21/10/2019).

Seiring dengan besarnya angka kriminalitas tersebut, lanjut AKBP Leo, para peserta didik Sespimmen ini akan mempelajari sejumlah kasus di Kota Pahlawan ini. Selain menyampaikan banyaknya kasus kriminal, kasus kriminal yang menjadi sorotan seperti pembakaran istri dan penculikan yang korbannya dibuang di Cangar, Batu, juga menjadi tema pokok bahasan.

“Sehingga para siswa bisa belajar melihat cara kerja petugas dalam pengungkapan kasus. Sebab pengungkapan kasus besar di Surabaya membutuhkan kejelian, kecepatan dan ketepatan dalam mengumpulkan saksi dan barang bukti,” tandasnya.

Sama halnya dengan mahasiswa yang melakukan kuliah kerja lapangan (KKL), para perwira siswa (pasis) Sespimmen Polri pun melakukan hal yang sama, untuk meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme mereka dalam menjalankan tugas dan memecahkan persoalan dilapangan.

AKBP Leonardus Simarmata mengatakan, 13 Siswa Perwira Menengah Polri Dikreg 59 tersebut datang ke Polrestabes Surabaya untuk melakukan penelitian dan pengamatan di Mapolrestabes Surabaya untuk mengimplementasikan materi yang sebelumnya sudah dapat di Lembaga Pendidikan Sespimmen.

Perlu diketahui, Sespimmen merupakan sekolah lanjutan bagi anggota Polri aktif berpangkat minimal Kompol (Komisaris Polisi) untuk meningkatkan karir ke jenjang berikutnya. Sehingga, mereka dituntut untuk bisa menganalisa, sekaligus memecahkan berbagai permasalahan kasus kriminal yang dihadapinya kelak.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar