Hukum & Kriminal

13 Motor Disita, Komplotan Curanmor Bermodus Mengamen Dicokok Polisi

Madiun (beritajatim.com) – Jajaran Polres Madiun berhasil menangkap kawanan spesialis curanmor (pencurian kendaraan bermotor) yang sudah beraksi di berbagai tempat di Kabupaten Madiun. Mereka yang ditangkap berinisial MY (26), SJ (43), dan Z (42).

“Satu lagi pelaku berinisial S sedang dalam pengejaran polisi,” Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono, saat dikonfirmasi, Minggu (2/6/2019).

Penangkapan para pelaku, lanjut Ruruh, saat mereka melancarkan aksinya di Desa Tiron, Kecamatan/Kabupaten Madiun. Saat itu pelaku mengincar sepeda motor Mega Pro nopol S 6812 GL yang terparkir di teras rumah.

Saat melihat situasi aman, pelaku yang menyaru sebagai pengamen itu langsung mengambil sepeda motor yang kebetulan kuncinya masih menancap. Apes, ketika berusaha untuk melarikan diri dengan motor, pelaku kepergok dan bisa diamankan oleh korban.

“Pelaku ini modusnya berpura-pura menjadi pengamen untuk membaca situasi di sekitar TKP dengan sasaran kunci yang masih menancap di sepeda motor,” katanya.

Ruruh menyebut kawanan ini sudah melakukan aksi pencurian sepeda motor sebanyak 9 kali. Selain mengamankan 3 pelaku, Polres Madiun juga mengamankan barang bukti sedikitnya 13 sepeda motor yang diduga hasil curian di beberapa TKP yang berbeda di wilayah Kabupaten Madiun.

“Para pelaku bisa dijerat dengan pasal 373 KUHP tentang pencurian dengan ancaman penjara selama 7 tahun,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar