Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

102 Motor Diamankan Saat Operasi Zebra Semeru di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 102 unit motor berbagai jenis, diamankan polisi selama pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2021 yang digelar selama 14 hari terakhir, terhitung sejak Senin hingga Minggu (15-28/11/2021) lalu.

Ratusan unit motor hasil penindakan operasi tersebut, sebagian besar merupakan motor berknalpot bronk atau motor yang tidak sesuai dengan standar keamanan. Seluruhnya dipajang di Lapangan Sarja Arya Racana Polres Pamekasan, Jl Raya Nyalaran, Pamekasan.

“Selama Operasi Zebra Semeru 2021, sebanyak 102 unit motor kita amankan karena berkenalpot brong dan tidak sesuai standar keamanan,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto melalui Kasat Lantas Polres Pamekasan, AKP Deddy Eka Aprianto, Rabu (1/12/2021).

Hal tersebut dikakukan sebagai langkah antisipatif, sekaligus upaya menekan sekaligus menertibkan aksi balap liar. “Ratusan unit motor hasil hunting system Satlantas Polres Pamekasan selama 14 hari operasi, serta sebagai langkah antisipasi balap liar,” ungkapnya.

“Kendaraan yang diamankan nantinya akan kita data dan dicek kelengkapannya satu persatu, sebab dari sekian motor yang kita amankan dikhawatirkan ada hasil dari tidak pidana (pencurian kendaraan bermotor alias curanmor),” jelasnya.

Dari itu, pihaknya juga akan segera melakukan tindak lanjut untuk memastikan kendaraan hasil sitaan merupakan bukan merupakan hasil tindak pidana. “Apabila ditemukan (hasil pudana), nantinya akan dilakukan tindak lanjut,” imbuhnya.

“Sementara untuk kendaraan yang kita amankan, nantinya baru bisa diambil pasca sidang di PN (Pengadilan Negeri) selesai. Syaratnya harus membawa STNK Asli dan lengkapi kendaraan sesuai prosedur keselamatan, termasuk knalpot standar, spion, plat nopol depan belakang, lampu, ban standar dan lainnya,” tegasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat khususnya para pengendara kendaraan bermotor agar selalu mematuhi tata tertib lalu lintas, serta selalu mengutamakan keselamatan, baik bagi pengendara pribadi maupun orang lain.

“Maka dari itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi tata tertib lalu lintas. Salah satunya dengan tidak menggunakan knalpot brong, sebab hal itu sangat mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar,” pungkasnya. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati