Hukum & Kriminal

10.478 Pengendara Terjaring E-Tilang dalam Satu Bulan

Surabaya (beritajatim.com) – Sistem ETLE (Electronic traffic law enforcement) yang dilakukan Polda Jatim saat ini sudah meng-capture 10.478 pengendara yang diduga melakukan pelanggaran lalu lintas. Dari jumlah tersebut, 3376 orang sudah melakukan pembayaran denda.

Hal itu diungkapkan Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan di dampingi Kabid Humas Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dan Wadir Lantas AKBP. Pranata Hutajulu Realese Terkait), Rabu (26-02-2020).

Kapolda menambahkan, pihaknya tidak menampik adanya keluhan-keluhan masyarakat terkait sistem ETLE ini. Untuk itu Kapolda Jatim bersama Pemda dan Satuan Lalu Lintas terkait akan melakukan evaluasi.

“Sebagai laporan sejak diberlakukan ETLE hampir satu bulan ini sudah 10.478 yang kena ETLE dan 3.376 ini yang sudah proses tilang dan yang bersangkutan ini sudah membayar denda,” ujar Kapolda, Rabu (25/2/2020).

Kapolda menambahkan, pihaknya berpesan pada petugas atau anggota Sat Lantas bila ada masyarakat yang komplain dimohon untuk menunjukan gambar atau foto. Pihaknya menegaskan bahwa kamera atau ETLE yang dimiliki Polda Jawa Timur ini itu memang canggih.

Dan Polda Jawa Timur memerintahkan seluruh jajaran untuk memasang alat tersebut agar lebih mudah dalam penanganan pelanggaran, hal itu juga disampaikan oleh Gubernur untuk selalu bersinergi dengan pihak kepolisian dalam menangani Tilang Electronic utamanya pemasangan alat CCTV. [uci/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar