Gaya Hidup

Ritual Duan Yang

Wow.. Lomba Berdirikan Telur Ayam di Klenteng Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Dalam rangka perayaan Duan Yang atau Bak Cang, Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban melakukan ritual dengan lomba mendirikan telur ayam di atas lantai datar yang berlangsung di halaman klenteng tersebut, Jumat (7/6/2019).

Peringatan Duan Yang itu sendiri merupakan kegiatan untuk memperingati tanggal 5 bulan 5 tahun Imlek yang tahun ini bertepatan pada hari ini. Adapaun untuk tanggal 5 bulan 5 tahun Imlek itu sendiri bertepatan dengan posisi dan dari Matahari lurus dengan bumi.

Pantauan beritajatim.com, kegiatan ritual untuk Duan Yang itu diikuti puluhan umat Tri Dharma yang berasal dari berbagai daerah yang sedang berkunjung di klenteng yang ada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban. Mereka berlomba-lomba adu cepat untuk membuat telur supaya bisa berdiri di atas keramik.

“Pesertanya dalam lomba ini ada sekitar 50 orang yang berasal dari berbagai daerah. Sebelum kita melakukan lomba ini, kita umat Tri Dharma terlebih dahulu melakukan ritual sembahyang,” terang Gunawan, Ketua Umum TITD Kwan Sing Bio (KSB) Tuban.

Gunawan menjelaskan, Duan Yang merupakan pertanda mengawali datangnya musim panas yang bisa menimbulkan energi positif bagi manusia. Sehingga dengan posisi cahaya yang tegak lurus dengan bumi membuat telurpun bisa berdiri dengan mudah.

“Makanya kita melakukan lomba siapa yang paling cepat bisa mendirikan telur di lantai. Jadi siapa yang paling cepat yang menang, kita ambil juaranya satu sampai tiga,” tambah Gunawan setelah ritual itu.

Dalam proses perlombaan itu, semua telur ditaruh di atas keramik yang datar dan langsung berada di bawah terik matahari pada tanggal 5 bulan 5 tahun Imlek ini. Dengan mudah dan hanya hitungan detik para umat Tri Dharma serta semua peserta lomba itu bisa menaruh telur ayam itu dengan posisi berdiri.

“Dengan ritual Duan Yang ini kita berharap, energi matahari yang sangat positif ini bisa memberikan energi yang lebih baik bagi kehidupan manusia. Sehingga kehidupan manusia semakin lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, lomba mendirikan telur yang diikuti oleh puluhan umat Tri Dharma serta warga sekitar di kelenteng Tuban itu menarik perhatian warga. Yang banyak warga yang melihat proses lomba untuk mendirikan telur di atas keramik yang datar itu. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar