Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Wisata untuk Kesehatan Mental Bakal Makin Diminati

Wisatawan domestik akan jadi andalan sektor pariwisata. [foto: Hasti Utami]

Jember (beritajatim.com) – Wellness tourism atau wisata yang bertujuan untuk memelihara kesehatan mental akan banyak diminati tahun ini. Wisata ini tidak hanya bertujuan soal kunjungan tempat wisata dan sekadar refreshing saja, tapi ada perawatan khusus yang mengarah pada kesehatan (wellbeing).

“Berdasarkan survei Booking.com, setidaknya 79 persen responden menjadikan wisata untuk meningkatkan kesehatan mental,” kata David Susilo, dosen praktisi Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember, Kamis (13/1/2022).

“Kondisi ini membuat wellness tourism semakin berkembang, misalnya seperti healing trip, wisata yang menyediakan kelas yoga di alam terbuka, fasilitas kelas self-love dan self-healing diakomodasi,” kata David.

Tahun ini, sektor pariwisata Indonesia masih bergantung pada kunjungan wisatawan domestik. “Pasalnya, kunjungan wisatawan mancanegara masih minim hingga saat ini. Dengan jumlah penduduk Indonesia sebesar 272 juta orang dan jumlah penduduk di Jawa Timur 40 juta ini, peluang ini harus dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku pariwisata Jember,” kata David.

Di sinilah, menurut David, pentingnya menerjemahkan slogan ‘Jember Kueren’ sebagai bagian dari strategi teknis operasional untuk mengangkat potensi Jember Permata Jawa berbasis sustainable tourism development (STDev).

STDev meliputi: Sustainable Tourism Destination (STD), Sustainable Tourism Observatory (STO), Sustainable Tourism Certification (STC), Sustainable Tourism Industry (STI), serta Sustainable Tourism Marketing & Management (STM). [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar