Gaya Hidup

Wisata Sawah, Potensi Lain Sektor Wisata di Desa Bajang Pamekasan

Penampakan 'Wisata Sawah' Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Pamekasan, saat musim tembakau.

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Desa (Pemdes) Bajang, Kecamatan Pakong, Pamekasan, mulai menggagas satu destinasi wisata baru dengan konsep ‘Wisata Sawah’, sekaligus pelengkap dari wisata sebelumnya, Brukoh Hill Bajang.

“Destinasi wisata baru ini rencananya kami akan segera launching dalam beberapa pekan kedepan, Insya’ Allah pada akhir Agustus atau awal September 2020 mendatang. Mohon doa dan dukungannya,” kata Kepala Desa (Kades) Bajang, Moh Mokri, Minggu (16/8/2020).

Gagasan destinasi wisata dengan konsep wisata sawah sengaja digarap sebagai langkah untuk melengkapi keberadaan destinasi wisata alam yang sudah dikelolanya, yakni Bukit Brukoh. “Rencananya kedepan akan kita jadikan sebagai satu paket wisata, yaitu paket Brukoh Hill dan Wisata Sawah,” ungkapnya.

“Gagasan untuk menerapkan wisata sawah ini sengaja kita realisasikan berdasar masukan dari sejumlah elemen masyarakat khususnya Desa Bajang, termasuk rekomendasi dari mahasiswa yang melaksanakan proses pengabdian (KKN) di desa kami dalam beberapa tahun terakhir,” jelasnya.

Sejumlah mahasiswa IAI Al-Khairat Pamekasan, yang tengah menjalani program KKN Kerja Sosial, membenahi fasilitas Wisata Sawah di Desa Brukoh, Pakong, Pamekasan.

Memang selama ini, terdapat sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, khususnya di kabupaten Pamekasan yang melaksanakan program KKN di Desa Bajang. Bahkan sebagian di antara mereka merekomendasikan desa setempat sebagai salah satu destinasi wisata alam mempuni di Pamekasan.

“Awalnya kami memang menggagas Bukit Brokoh sebagai salah satu potensi mempuni di desa kami, namun seiring waktu justru terdapat potensi lain yang dapat dikembangkan sebagai pendukung dari keberadaan Brukoh Hill. Salah satunya wisata sawah ini yang nantinya akan kita gagas melalui paket wisata di Desa Bajang,” tegasnya.

Dari itu pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, termasuk mahasiswa KKN yang sudah memberikan beragam saran dan masukan untuk merealisasikan wisata sawah ini. “Doa dan dukungan tentunya sangat kami harapkan kepada seluruh pihak untuk merealisasikan ini, khususnya dari masyarakat Bajang maupun pemerintah daerah,” harapnya.

“Namun tidak kalah penting kami juga menyampaikan terima kasih kepada adik-adik KKN yang sudah membantu kami untuk mewujudkan destinasi wisata sawah di Desa Bajang, khususnya mahasiswa IAI Al-Khairat Pamekasan,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar