Gaya Hidup

Wisata Religi Makam Sunan Giri Mulai Dibuka

Gresik (beritajatim.com) – Di masa transisi masa new normal, sejumlah sektor di Kabupaten Gresik mulai berbenah di tengah pandemi Covid-19. Salah satu sektor yang berbenah adalah sektor wisata religi makam Sunan Giri. Namun, sebelum dibuka wajib memenuhi standar protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gresik, AH.Sinaga menuturkan, pihaknya sudah memberi sosialisasi. Jika memang ada objek wisata yang ingin buka lagi, harus membuat surat pernyataan kesanggupan.

“Tim dari Disparbud Gresik akan diterjunkan untuk memantau kesiapan protokol kesehatan yang tersedia. Setelah semua lengkap, maka Disparbud akan membuat surat rekomendasi agar objek wisata itu dapat kembali dibuka,” tuturnya, Rabu (10/06/2020).

Sinaga menambahkan, setelah semua protokol terpenuhi, pihaknya akan membuat surat rekomendasi. Tapi jika ketentuan protokol itu dilanggar, bisa saja izinnya dicabut.

Sementara itu, pengurus wisata religi Makam Sunan Giri, Izzuddin menerangkan, pihak pengurus akan mengundang para takmir masjid, pedagang, ojek di wilayah wisata religi untuk menjelaskan protokol kesehatan yang diterapan saat wisata religi Makam Sunan Giri. “Semua harus mematuhi, protokol mulai cuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak, dan lainnya harus ditaati,” paparnya.

Untuk mekanisme di masa transisi lanjut Izzuddin, akan ada aturan untuk menjaga jarak dan kapasitas di dalam tempat ziarah. “Nanti di dalam hanya akan menampung sekitar 300 orang selama 15 menit,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar