Gaya Hidup

Wisata Gunung Bromo Segera Dibuka Dengan Protokol New Normal

Malang (beritajatim.com) – Wisata Gunung Bromo bakal kembali dibuka dalam waktu dekat. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sedang mematangkan standar operasional prosedur rencana pembukaan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di era new normal.

“Kami sudah melakukan rapat internal membahas terkait SOP ratifikasi (pengesahan) wisata Bromo,” ujar Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat, Kamis, (25/6/2020).

Syarif mengatakan, protokol kesehatan dibuat sesuai rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 dan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) sudah dibuat. Hanya saja butuh penyempurnaan, sebelum disosialisasikan ke publik dan pelaku jasa wisata di kawasan TNBTS.

“Nanti akan kami sampaikan pastinya. Tapi kan masih ada tahapan-tahapan itu. Dan kami pastikan tahapannya akan berjalan efektif dulu. Kami juga belum mendapatkan rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 pusat sesuai dengan edaran Menteri LHK dan Dirjen,” papar Syarif.

Wisata Gunung Bromo sendiri telah tutup selama pandemi Covid-19 atau sekira 4 bulan. Saat ini Balai Besar TNBTS juga sedang menunggu surat rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 dari empar daerah yang mengelilingi TNBTS. Yakni, Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Sebab, mereka yang tahu persis masuk zona merah, kuning, atau hijau.

“Perlu dukungan surat dari Gugus Tugas Covid-19 yang ada di Pemerintahan kabupaten. Jadi yang direkomendasikan itu kan zona hijau dan zona kuning. Otoritas hijau, kuning, merah hitam itu kan bukan di taman nasional itu kan di Pemda di gugus tugasnya itu,” tandas Syarif. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar