Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka

Gunung Bromo

Pasuruan (beritajatim.com) – Kawasan Wisata Gunung Bromo resmi dibuka kembali mulai hari ini, Selasa (30/11). Seluruh pintu masuk menuju kawasan wisata Bromo dibuka untuk wisatawan, mulai dari Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, hingga Kabupaten Lumajang.

Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarif Hidayat membenarkan informasi terkait pembukaan kembali objek wisata Bromo. Hal ini didukung dengan adanya surat pemberitahuan yang diluncurkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Ya benar wisata Bromo Tengger sudah dibuka. Karena wilayah sekitar Bromo sudah level 2, hal ini juga dibuktikan dengan adanya surat edaran dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ” ujar Sarif Hidayat.

Sarif menambahkan jika nantinya Kawasan Wisata Bromo akan dibuka hingga evaluasi PPKM pada tanggal 13 Desember 2021. Namun, untuk kelanjutan bukanya wisata ini masih menunggu hasil evaluasi dari pemerintah pusat. “Semantara wisata Bromo Tengger ini buka hingga 13 Desember 2021. Selanjutnya akan dilihat lagi hasil evaluasi PPKM dari pusat, ” imbuhnya.

Berdasarkan Immendagri no 63 tahun 2021 Tanggal 29 November 2021 tentang pemberlakukan PPKM di Jawa Bali, 3 kabupaten di sekitar wisata bromo sudah turun ke PPKM level 2. Yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang. Sementara Kabupaten Malang sebelumnya sudah terlebih dahulu masuk ke PPKM Level 2.

Dalam surat edaran Balai Besar TNBTS menyatakan, jika pihaknya tetap membatasi jumlah kapasitas pengunjung kawasan Wisata Bromo hanya sebanyak 25 persen dari kapasitas normal. Tak hanya itu pengunjung juga harus menerapka. protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

“Selama situasi pandemi, kunjungan dibatasi dengan prokes ketat dan wajib menunjukkan aplikasi peduli lindungi. Tak hanya itu nanti juga akan ada petugas dari TNI yang siaga melakukan pelayanan pengunjung, ” imbuhnya.

Para pengunjung yang ingin berwisata ke Gunung Bromo juga diwajibkan untuk melakukan booking secara online terlebih dahulu melalui situs www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org. (ada/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar