Gaya Hidup

Wisata Gua Lebar Dipadati Wisatawan

Wisata Gua Lebar yang berada di Kelurahan Rongtengah, Sampang.(dok)

Sampang (beritajatim.com) – H+7 hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, wisata Gua Lebar yang berada di jalan Pahlawan, Kelurahan Rongtengah, Kabupaten Sampang, dipadati wisatawan.

Pantauan di lokasi, wisatawan yang berkunjung ke Gua Lebar tidak hanya penduduk lokal, mereka juga ada yang dari luar kota sengaja datang untuk merayakan ‘Telasan Topak’ atau sebutan warga Sampang yang artinya hari raya ketupat.

“Wisatawan yang berkunjung ke Gua Lebar ada waktu tersendiri yakni sore hari. Sebab, sambil menikmati matahari terbenam,” kata Mas’udi salah satu wasatawan dari Desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kamis (20/5/2021).

Di tempat yang sama, Ra Holil yang kebetulan juga berkunjung ke wisata Gua Lebar mengaku jika wisata alam tersebut sangat cocok untuk dikunjungi karena lokasinya berada di perkotaan dan gratis alias tidak dikenakan pembayaran tiket masuk.

“Wisata Gua Lebar ini selain dekat juga gratis, makanya banyak yang datang untuk menikmati alam apalagi bisa melihat dari ketingian,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, wisata Gua Lebar dahulu adalah tambang batu kapur warga setempat. Kemudian semakin melabar karena beberapa kali terjadi longsor. Bahkan, saat inipun kondisinya semakin tidak terawat serta masih berpotensi longsor. Sehingga, di lokasi wisata terpasang rambu-rambu peringatan. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar