Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Waspadai Konsumsi Buah Dengan Zat Kimia, Pembibitan Harus Melewati Quality Control

Surabaya (beritajatim.com) – Buah merupakan sumber vitamin terbesar untuk tubuh apalagi untuk anda yang sedang diet atau hidup sehat. Namun sayangnya masih banyak buah atau sayuran yang dijual di pasaran tidak semua aman karena banyak yang mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh.

Untuk menekan hal itu, Dokter Geo Ferdy founder Geofresh Indonesia mengatakan, buah itu fungsinya untuk menyehatkan tapi kalau proses penanaman tidak benar memakai bahan kimia dan hormon pembesar pasti tidak aman untuk dikonsumsi.

“Kalau menggunakan bahan kimia apalagi hormon sangat berbahaya untuk kesehatan, ada penelitian yang menggunakan hormon pembesar dapat meningkatkan kanker mulut,” jelas dokter Geo Ferdy.

Adanya kandungan bahan kimia berbahaya pada buah-buahan sebenarnya bukan hal yang baru. Namun masyarakat masih sering mengabaikan keamanan pangan karena tergiur dengan penampilan buah yang ranum dan bersih. “Masyarakat harus menyadari tampilan yang bersih bukan indikator buah segar dan aman dikonsumsi,” imbuhnya.

Tidak hanya dimulai dari penanaman, penggunaan pupuk, buah juga harus diperlakukan sesuai habitatnya. Dokter Geo membagi pengalamannya saat melakukan pembibitan sawo sapote dari Australia, yang sizenya bisa mencapai 3 kilogram satu buahnya. “Dengan perawatan alami, dan quality control yang tepat bisa mendapatkan hasil dengan kualitas terbaik apalagi jika kalau musim kemarau kadar manisnya lebih baik,” ungkapnya.

Penanaman dan perawatan buah dan sayur alami memang membutuhkan kesabaran dan waktu, tapi ini lebih baik untuk kesehatan.Perlakuan kimiawi itu, bila diberikan dalan jumlah berlebih akan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita.[way/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar