Gaya Hidup

Viu Ajak Anak-anak Kota Batu Bikin Film Mitos Pawang Hujan

Viu bakal promosikan film sineas muda Kota Batu ke kancah Internasional.

Malang (beritajatim.com) – Viu aplikasi tayangan streaming hiburan mengajak puluhan anak-anak asal Kota Batu untuk berkolaborasi dalam proyek pembuatan film pendek. Para sineas muda ini diajak membuat proyek film melalui program dari Viu Shorts!.

Karya sineas muda ini nantiya bakal ditayangkan secara streaming. Viu sendiri dikenal sebagai aplikasi tayangan streaming yang fokus menanyangkan film Asia. Viu dioperasikan oleh PCCW Media Group, jaringanya tersebar di 16 negara.

“Anak-anak ini bakal menggarap film di kawasan Pura Luhur Giri Arjuna, Bumiaji. Ada 25 anak-anak mereka semua sebagian besar pelajar SMA,” kata sutradara profesional, Dirmawan Hatta, Selasa (11/2/2020).

Hatta menjadi mentor para sineas muda dalam proyek film pendek ini. Anak-anak ini diminta untuk mengidentifikasi mitos. Selanjutnya mentor memilih alur cerita hingga pembuatan skenario. Hasilnya, disepakati bahwa film yang akan digarap berjudul Pawang Hujan.

“Kami membuat skenario, mereka yang engerjakan film, memutuskan pilihan tempat, aktor, hingga pembuatan skrip. Untuk skrip dan pemainnya juga anak-anak. Rencananya akan akan tayang Mei,” papar Hatta.

Program Vui Shorts! Didakan di 20 kota dan kabupaten seluruh Indonesia. Bagi anak-anak muda yang terpilih dengan karya terbaik mereka bakal mendapat beasiswa kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Setelah menyelesaikan kuliah, anak-anak muda ini diminta kembali ke daerah dan mengembangkan potensi yang ada.

“Kami mendapat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Berkraf). Kami sebagai pembuat film, kehadiran Viu ini bukan lagi angin segar. Kami bisa memperlihatkan karya anak bangsa ke dunia internasional. Karya mereka bisa dilihat di 16 negara dan ditontong lebih dari 40 juta penonton,” ujar SVP Marketing Viu Myra Suraryo.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memastikan Pemkot Batu bakal memfasilitasi penggerjaan proyek film pawang hujan. Menurutnya, Kota Batu punya potensi luar biasa, pariwisata cepat maju karena keindahan alam. Dia pun berjanji bakal menyebarkan lewat media sosial bila pengerjaan film pawang hujan sudah siap tayang.

“Vlog di media sosial juga sangat mendukung. Kalau ini dimasukkan ke Viu, artinya bisa sampai ke dunia internasional. Itu sesuatu yang luar biasa. Kami siap membantu pengerjaan film ini. Bila ada kendala saya akan turun tangan untuk mempermudah segala kebutuhan film,” tandas Dewanti. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar