Gaya Hidup

Viral Street Food Korean Garlic Cheese Bread, Stefani Kwee Banjir Orderan

Surabaya (beritajatim.com) – Berawal dari review stret food di Korea Selatan, Garlic Cheese Bread kini menjadi bak dewa di Indonesia. Usaha roti berbalut cheese creem yang rasanya gurih manis ini juga menjamur di Surabaya.

Garlic bread ala Korea ini berbeda dengan garlic bread ala Eropa. Garlic bread Korea memiliki tekstur yang empuk dan creamy sedangkan garlic bread Eropa punya tekstur yang renyah dan gurih.

Stefani Kwee, pengusaha kue asal Surabaya mrupakan salah satu yang mengikuti trend membuat roti berisikan cheese dan beef ini. Menurutnya, cara membuatnya tak secepat kita memakannya.

“Sepekan ini mulai coba membuat karena roti khas Korea ini. Karena lagi tren jadi pembelinya banyak sekali,” ungkap Stefani Kwee sembari menyiapkan bahan saat ditemui di rumah produksinya, Jalan Kutai, Senin (3/8/2020).

Wanita berusia 37 tahun ini mengaku, dalam sehari mampu memproduksi 60 roti bawang dengan sistem pre order.

“Produksi setiap hari dengan jumlah orderan yang selalu penuh,” tambahnya.

Garlic bread khas Korea merupakan olahan roti, seperti roti burger, yang dipotong enam sisi yang saling menyilang. Setelah itu roti ini di balut dengan margarin yang telah dicampur dengan bawang putih dan peterseli.

“Untuk adonan roti, pertama-tama tepung terigu dicampur dengan ragi, gula, butter dan susu bubuk. Diaduk hingga kalis,” katanya.

Cara membuatnya pun cukup lama, butuh waktu 3 jam untuk bisa menjadi roti khas Korea ini. Pertama adonan roti seperti tepung, ragi, gula, butter dan beberapa adonan ini diaduk menggunakan mesin dan dicampurkan dengan air es.

Kemudian setelah kalis, didiamkan selama dua puluh menit hingga mengembang selanjutnya dicetak bundar dan di tunggu selama dua jam lalu dipanggang. Jika sudah menjadi roti, kemudian dioleskan mentega cair dengan campuran bawang putih dan parsley lalu di panggang selama 10 menit.

“Roti dipotong menjadi enam bagian yang harus diisi dengan cream cheese. Setalah itu topping ditambahkan dan dipanggang lagi,” katanya.

Stefani mengatakan, terdapat dua varian rasa korean garlic cheese bread yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15 ribu, yaitu original dan smoked beef dengan harga Rp 17.500. [way/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar