Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Untuk yang Mulai Memikirkan Pernikahan, Ini Perbedaan Usia yang Ideal untuk Pasangan

Photo by Mukesh Mohanty from Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak masyarakat yang menanyakan perbedaan usia yang ideal untuk pasangan. Beragam perspektif pun bermunculan, ada yang bilang jika perbedaan usia antara lima hingga tujuh merupakan jarak yang ideal. Itupun diartikan juga bahwa yang lebih tua adalah si pria, karena dianggap laki-laki akan lebih bersikap dewasa.

Dalam psikologi usia dewasa dikategorikan menjadi bagian, yakni dewasa awal, tengah, dan akhir. Jika dewasa awal berkisar pada usia 18 hingga 25 tahun. Dalam kurun usia tersebut biasanya mereka masih produktif dan baru mulai berkarir karena baru menyelesaikan pendidikan dan sebagainya. Namun, dalam menjalin hubungan akan mulai lebih intim atau memulai memikirkan tahap yang lebih serius.

Sedangkan usia dewasa tengah antara usia 26 sampai 40 tahun yang mungkin sudah lebih siap secara karir, prioritasnya akan lebih berbeda dari pada dewasa awal. Dewasa tengah sudah tidak lagi sibuk memikirkan agar karir naik, melainkan bagaimana cara berinvestasi dan mengatur punya anak beserta biaya pendidikannya. Begitupun prioritas pada usia dewasa akhir yang berusia 41-60 tahun yang tentu juga berbeda.

Jika pasangan pria dan wanita masih dalam kategori usia mungkin keduanya akan lebih sejalan dan sepemikiran. Namun, mereka akan lebih sibuk dengan pendidikan atau karirnya. Lantas bagaimana jika perbedaan usia keduanya berbeda kategori, mungkin pihak dewasa tengah atau akhir akan lebih memahami pasangan dalam kategori di bawahnya dan sebaliknya. Meski pasangan ini sadar bahwa akan ada perbedaan pemikiran ataupun prioritas di antara mereka.

Meskipun begitu, tidak sedikit masyarakat yang berpendapat bahwa bahwa kedewasaan seseorang tidak diukur dari tingkatan usia. Pada dasarnya usia lebih tua tidak menjamin seseorang bisa bersikap dewasa. Seperti istilah usia pasti bertambah, namun menjadi dewasa adalah pilihan.

Alih-alih sibuk mencari perbedaan usia yang ideal, alangkah baiknya jika lebih berfokus pada attitude, sikap mengontrol emosi dan juga cara berpikirnya. Terlebih jika ingin menjalin hubungan yang serius dengan orang yang tepat. [fyi/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar