Gaya Hidup

Uniknya Tradisi Reuni Murid Sekolah Xinzhong School

Surabaya (beritajatim.com) – Cara unik dilakukan para alumni Xinzhong School Surabaya yang mayoritas keturunan Tionghoa. Mereka merayakan reuni angkatan ke-16 atau angkatan 1958 di salah satu rumah makan kawasan Surabaya Barat, Sabtu (9/11/2019).

Tradisi yang kerap kali dilakukan masih terbilang cukup khas dalam tradisi Tionghoa. Semisal berbagai angpao dan kenang-kenangan kepada para guru mereka yang masih tersisa. Bahkan para alumni sekolah yang berada di kawasan Surabaya Timur ini mendatangkan langsung para guru mereka dan kawan seangkatan dari Hongkong, China, Guang zu, Macau dan Shenzhen.

“Setiap dua tahun sekali kita mengadakan reuni. Tahun ini sudah 60 tahun kita lulus, dan nggak pernah lepas tradisi, yakni bagi-bagi angpo kepada para guru kita yang sekarang hanya tinggal lima orang,” ucap Suwanto, ketua panitia.

Bukan hanya itu, setiap berkumpul dengan kawan sekolahnya, mereka selalu menempatkan bendera Indonesia di meja dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta padamu negeri.

Bukan tanpa alasan mereka tetap menyanyikan lagu ini. Hal itu mengingat sebagian para guru dan alumnus sekolah ini memilih pindah di luar Indonesia ketika terjadi tragedi 98. Yang mengejutkan para rekan sejawat masa sekolah ini masih hafal lagu Indonesia Raya dan masih mencintai Indonesia sebagai tanah kelahirannya.

“Tema kita kebersamaan dalam Bhineka Tunggal Ika, kebetulan reuni kita bareng sama Hari Pahlawan. Jadi sekalian mengenang pahlawan kita atau guru yang sudah tiada. Yakni, dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan padamu negeri. Ternyata teman-teman masih hafal meski sudah tidak lagi berwarga negara Indonesia,” imbunya.

Konsep vintage juga disuguhkan dalam perayaan ini. Sepeda antik yang trend di zamannya dengan wallpaper background foto zaman sekolah pun dipajang di area reuni. Tak ayal seluruh hadirin bernostalgia bersama.
Diikuti 50 alumni, mereka pun bersuka cita bersama. Mulai dengan bernyanyi lagu-lagu mandarin, hingga merayakan ulang tahun bersama. [way/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar