Gaya Hidup

Tradisi Lahiran Keturunan Tionghoa

Uniknya Tradisi Man Yua Dengan Sentuhan Modern Bagi Keturunan Tionghoa

Surabaya (beritajatim.com) – Beragan kebudayaan memang menarik untuk diulas, bukan hanya perayaan tahun baru atau pernikahan. Salah satunya Man Yue atau istilah keturunan Tionghoa adalah pesta telur, dimana bayi yang berusia satu bulan diperingati dengan sebuah upacara sebagai ucapan syukur.

Meskipun sebagai bagian dari tradisi, kini banyak orang tua modern merayakan Manyua dengan sentuhan Modern.
Seperti sosialita asal Surabaya, Samantha Bowlin. Ia merayakan kelahiran anaknya dengan tema Cinderella yang serba pink, mulai dari dresscode hingga dekor ia buat senada.

Bertolak belakang dengan perayaan Man yue pada umumnya yang didominasi  oleh warna merah. “Karena ingin mengikuti perkembangan zaman ya, apalagi anaknya cewek dan kebetulan momennya pas februari, barengan dengan tema valentine, makanya serba pink.” paparnya.

Sentuhan modern juga ia berikan pada hampers yang siapkan. Di perayaan Man Yue yang asli, tamu undangan akan diberikan oleh-oleh berupa telur merah, sebagai tanda kebahagiaan dan sebuah permulaan hidup yang baru dengan hadirnya sang bayi.

Namun alih-alih memberikan hantaran berupa telur merah, Samantha menyediakan hampers berbentuk kereta kencana berwarna emas. Berisi nampan berwarna emas, jam kecil berbentuk labu lengkap dengan sepatu kaca dan rodanya. “Harapannya agar anak saya punya hati yang baik seperti cinderella, asalkan bukan nasibnya yang sama,” imbuhnya.

Tak ketinggalan, ia juga mengenakan kostum senada dengan anaknya. Menggunakan busaa rancangannya sendiri. Yang nampak manis dengan permainan tile tumpuk berwrna pink, dengan kombinasi atasan berbentuk brokat bebungaan berwarna krem. Menjadi signature desain Samantha yang selalu hadir dengan busana bernuansa puteri.[way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar