Gaya Hidup

Unik, Lomba Telur Berdiri di Klenteng Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Fenomena unik dan terbilang ajaib, telur bisa berdiri di lantai datar yang dilombakan di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban, Minggu (9/6/2019).

Fenomena langka telur yang bisa ditaruh dengan posisi berdiri itu dilombakan satu tahun sekali saja pada waktu siang hari yang terik oleh Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Alim Sugiantoro, Ketua Penilik dari Klenteng Kwan Sing Bio Tuban menyatakan bahwa keunikan fenomena telur bisa berdiri itu akan menjadi agenda tahunan. Yang mana setiap tahun, yakni pada tanggal 5 bulan 5 tahun Imlek pihak klenteng Kwan Sing Bio Tuban akan mengadakan lomba secara terbuka untuk semua kalangan.

“Fenomena telur bisa berdiri di lantai yang datar ini hanya bisa terjadi satu tahun sekali. Dan ini sangat unik dan juga menarik bagi warga masyarakat,” terang Alim Sugiantoro, Ketua Penilik Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban.

Perlombaan untuk mendirikan telur di lantai yang datar dan dibawah terik matahari pada tanggal 5 bulan 5 tahun Imlek itu ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan dan bukan hanya umat Tri Dharma saja. Pasalnya, untuk menjaga kerukunan umat dan keakraban bersama lomba itu boleh diikuti oleh siapa saja.

“Tujuan kami dalam menggelar lomba mendirikan telur ini adalah untuk menunjukkan keakraban antar semua kalangan dan kerukunan antar umat. Lomba ini akan kita jadikan sebagai agenda tahunan,” tambahnya.

Alim menegaskan, bahwa fenomena unik telur bisa berdiri telur merupakan pengaruh dari posisi matahari pada bumi. Pasalnya, setiap tanggal 5 bulan 5 tahun Imlek itu posisi matahari berada dititik tegak lurus dengan bumi.

“Memang fenomena telur bisa berdiri ini karena kekuatan dari sinar matahari pada saat tanggal itu di titik tegak lurus. Dan lomba untuk mendirikan telur itu kita lakukan di tempat terbuka, jadi siapapun bisa ikut,” papar Alim.

Adapun lomba untuk mendirikan telur di lantai datar tersebut di klenteng yang berada di jalan RE Martadimata, Kota Tuban itu telah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang sedang berkunjung di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Pasalnya, fenomena alam itu hanya bisa mereka saksikan satu kali dalam setahun.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar