Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Ubah Kebiasaan Minum Sambil Berdiri, Ini Dampak Buruknya bagi Kesehatan

Pexels, Karolina

Surabaya (beritajatim.com) Tanpa disadari, kita mungkin pernah melakukan hal ini bahkan tak jarang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Minum sambil berdiri ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Maka ini mungkin menjadi alasan orang tua sering bilang makan dan minum jangan dilakukan sambil berdiri.

Meskipun ada keadaan, kita mau tidak mau harus melakukan hal ini ketika kondangan atau saat terburu-buru. Namun kalau bisa, mulai sekarang hindari makan dan minum sambil berdiri. Selain supaya lebih sopan dan nyaman, kebiasaan ini akan berpengaruh pada kesehatan.

Maka lebih baik, terapkan posisi paling aman dengan minum sambil duduk. Percayalah ketika duduk, saraf-sarat tubuh sedang dalam keadaan tenang sehingga siap menerima air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda.

Dampak dari Kebiasaan Minum Sambil Berdiri bagi Kesehatan

Penyebab dari Penyakit Arthritis

Faktanya, penyakit arthritis terjadi karena gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan hingga bagian sendi yang bisa memicu peradangan pada sendi. Bukan hanya terjadi pada peradangan, arthritis menyebabkan kaku bahkan pembengkakan di bagian sendi. Akibat dari penyakit pada sendi seperti arthritis membuat penderita menjadi sulit untuk bergerak bebas.

Perut Terasa Sakit

Dampak lain dari minum sambil berdiri adalah tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut sehingga mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Pada kondisi ini tentu kita jadi mudah merasa nyeri di bagian perut.

Asam Lambung

Area pada tubuh yang dapat dikatakan sensitif adalah lambung. Bagian ini paling mudah terkena dampaknya ketika kita sering minum pada posisi berdiri. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang biasa disebut kenaikan asam lambung terjadi akibat tekanan air yang diminum saat berdiri yang mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung.

Akibatnya, asam dalam lambung yang tercampur naik ke arah sebaliknya sehingga menimbulkan sensasi panas di bagian perut. Ketika kita minum sambil berdiri akan mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Seperti yang kita ketahui jika lambung merupakan bagian penting dalam perencanaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung akan berpengaruh pada sistem pencernaan lainnya. [prd/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar