Gaya Hidup

Trend Fotografi Virtual di Tengah Pandemi Bisa Jadi Alternatif Isi Waktu

Surabaya (beritajatim.com) – Kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk beraktivitas terlalu banyak di luar rumah membuat sebagian masyarakat lebih kreatif dalam kesehariannya.

Bukan hanya bisa memasak, fotografi secara visual pun kini sedang trend dilakukan oleh para pecinta foto untuk menambah koleksinya di sosial media atau folder foto. Salah satunya Fotografer asal kota Malang, Suci Rahayu ini yang kerap kali melakukan foto virtual bersama rekannya.

Menurut perempuan yang kerab di sapa Uci ini kegiatan seperti ini alternatif saat kita masih harus work from home. Tidak mematikan kreatifitasan kita bisa tetap melakukan pemotretan meski masih di rumah.

“Kegiatan seperti ini membuat kita makin menggali ilmu fotografi lagi, seperti cara pengambilan obyek, pengaturan cahaya dan ngemixin property pendukung pemotretan jika ada tambahan,”ungkap Suci, Jumat (12/6/2020).

Lebih lanjut dikatakan Suci, ada perbedaan ketika memotret virtual dengan obyek nyata di lapangan. Jika virtual ia harus lebih banyak mencari posisi yang lebih banyak terkena cahaya, sedangkan jika motret di lapangan secara nyata ia bisa langsung mengarahkan gaya yang diinginkan.

“Kalo di lapangan kita bisa mengarahkan gaya yang di inginkan kalau virtual harus dua kali menyampaikan keinginan kita karena supaya model bisa tahu apa yang dibayangkan lebih banyak komunikasinya kalau virtual,”imbuhnya.

Sementara itu ia pun menceritakan kesulitanya jika melakukan foto virtual lebih soal waktu, karena terkadang dengan menggunakan aplikasi melalui jaringan internet bisa lambat dan delay beberapa detik antara model dan fotografernya.

“kesulitan yang utama biasanya delay beberapa detik antara model dan fotographer, terus ada handphone yang kamera depannya tetap dan berubah jadi misal kita liat lalu bilang agak ke kanan ngga taunya dia ternyata sebelah kirinya.” tutupnya. [way/ted] 





Apa Reaksi Anda?

Komentar