Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Tips Tenangkan Diri Agar Terhindar dari Anxiety

(Foto: Tim Gouw, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Bahagia, sedih, takut, cemas, adalah hal-hal yang normal dan umum dirasakan manusia. Namun, jika perasaan-perasaan ini terjadi secara berlebihan, ia kemudian bisa menjadi masalah. Seperti halnya ketika kita merasa cemas secara berlebihan. Kita akan sering merasa tidak aman dan tidak nyaman, sekaligus bisa mengganggu aktifitas sehari-hari.

Hal inilah yang disebut anxiety, yaitu perasaan cemas yang berlebihan hingga membuat aktivitas terganggu. Saat rasa cemas berlebihan dan secara terus menerus terjadi, bisa saja merupakan gangguan kesehatan mental yang kemudian sering dikenal dengan istilah anxiety disorder.

Guna menghindari anxiety, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Beberapa cara ini bisa kamu coba guna menenangkan pikiran agar tidak terjebak dalam rasa cemas yang berlebihan.

Pertama, Membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin

Olahraga sering dianggap sebagai salah satu kunci hidup sehat dan bahagia. Hal itu karena selain membuat tubuh menjadi lebih bugar, olahraga juga salah satu aktivitas fisik yang dapat meningkatkan hormon endorfin, yaitu senyawa kimia dalam tubuh yang memberikan kita energi positif.

Sehingga hormon tersebut bisa meningkatkan suasana hati seseorang menjadi lebih bahagia. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengurangi stress.

Kedua, Melatih pernapasan

Melatih pernapasan bisa kamu lakukan dengan melakukan meditasi. Melatih pernapasan ini jadi cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merelaksasi tubuh. Selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk mengosongkan serta menjernihkan pikiran sejenak. Selepas itu kamu bisa kembali memfokuskan pikiran pada hal-hal yang lebih positif.

Ketiga, Mengisi waktu luang dengan aktivitas bermanfaat

Cara ini cukup ampuh untuk menghindari anxiety. Kamu harus mengisi luang, jangan sampai membiarkan diri dan pikiran kosong, karena hal tersebut sangat membuka celah datangnya pikiran negatif.

Kamu dapat mengisi waktu kosong dengan berfokus pada hobi, seperti membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, menghabiskan waktu bersama keluarga atau melakukan interaksi sosial seperti bertukar pikiran atau cerita pada teman dekat ataupun orang baru yang akan memberikanmu insight positif.

Keempat, Menerapkan pola hidup baik

Pola hidup yang baik tentu akan berpengaruh pada kejernihan pikiran serta perasaan. Oleh karena itu, kamu bisa memulai dengan pola tidur yang cukup dan teratur. Lalu ditopang dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat, seperti buah atau sayur, serta perbanyak makanan yang mengandung omega-3. Terakhir, kamu bisa mengurangi minuman yang mengandung kafein atau beralkohol, dan menghindari junk food.

Sebenarnya, hal yang paling berdampak dapat menyebabkan anxiety adalah pikiran negatif. Maka dari itu, jangan biarkan pikiranmu terlalu banyak dipenuhi dengan pikiran buruk yang belum tentu akan terjadi. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar