Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Tips Olahraga di Rumah Selama PPKM

Olahraga di rumah perlu dilakukan selama pandemi (foto : unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak PPKM banyak yang merasa kian buncit akibat kurang aktivitas selama di rumah. Namun, aktivitas tidak harus selalu dilakukan di luar rumah. Termasuk olahraga bisa dilakukan di rumah. Di samping pola makan, dan pola hidup jadi faktor lain agar tetap sehat selama banyak berdiam di rumah.

Dilansir Daily Mail, agar bisa tetap berolahraga di rumah, maka ada lima hal penting yang bisa dialkukan. Apa saja?

1. Melakukan Banyak Gerak
Saran ini datang dari seorang instruktur fitnes sekaligus seorang mantan atlet asal Australia, Ben Lucas menerangkan jika hal penting yang mesti dilakukan guna menjaga terus sehat selama masa di rumah akibat pandemi covid-19 adalah dengan terus bergerak. Lakukan jenis latihan lain untuk menghindari kebosanan yang membuat kita bisa kehilangan kebugaran. Menurut pedoman olahraga nasional Australia, orang berusia 18 hingga 64 tahun mesti berolahraga minimal dua setengah jam setiap pekan demi menjaga kesehatan.

2. Menguatkan Otot
Ahli otot menjelaskan cara efektif untuk menjaga kesehatan di rumah selama masa PPKM. Pedoman olahraga nasional Australia menyarankan melakukan aktivitas penguatan otot setidaknya dua hari setiap pekan demi meningkatkan kekuatan tubuh utamanya bagian otot. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan lari kecil di sekitar rumah. Atau melakukan angkat beban selama di rumah.

3. Konsumsi Lebih Banyak Protein
Selain berolahraga, Sharelle Grant yang juga instruktur sekaligus perawat di Melbourne menyarankan untuk banyak mengkonsumsi protein, hal ini juga berimplikasi pada untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Konsisten Berolahraga
Rasa malas terkadang mengalahkan keinginan untuk berolahraga. Oleh karena itu dalam rutinitas berolahraga dibutuhkan tingkat konsistensi yang baik. Dengan memacu motivasi dan tantangan pada diri sendiri setiap hari agar tetap berolahraga dengan yaitu dengan membuat target. Misalnya, target melakukan 10 push up dan lari 10 menit sehari dalam waktu 30 hari. Tentu perlu juga ada waktu istirahat, semisal dalam seminggu ada jeda satu hari. Kita juga dapat melakukan olahraga dengan teman, misal dengan tetangga terdekat demi menambah semangat dan konsistensi latihan harian. Hal ini bisa dilakukan dengan olahraga melalui aplikasi penghubung video virtual.

5. Jangan Beli Peralatan Olahraga Mahal
Hal terakhir saat memutuskan olahraga di rumah adalah menghindari untuk membeli alat olahraga yang terlalu mahal. Kita harus paham tujuan utama olahraga yang dilakukan. Hal inilah yang dapat meminimalisir keinginan untuk membeli peralatan olahraga yang mahal. Harus diketahui jika alternatif olahraga murah itu sangat beragam. Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang supaya bisa tetap sehat dan bugar di rumah.

Itulah beberapa tips berolahraga dari rumah selama PPKM. Hidup sehat menambah imun sehingga tidak mudah terpapar virus. [dan/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar