Gaya Hidup

Tips Jitu, Rampungkan Skripsi Tepat Waktu

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Mengerjakan skripsi memang jadi tantangan utama yang harus dihadapi mahasiswa tingkat akhir. Di tengah pandemi dengan segala aktivitas yang dilaksanakan secara daring, skripsi jadi lebih menantang. Pasalnya, kondisi pandemi ini juga berdampak bagi kalian yang hendak melakukan penelitian di lapangan.

Dinukil dari studi yang ditulis oleh ERC Community, berikut ada tips efektif yang membantu mahasiswa dalam merampungkan skripsi di University Affairs California. Kalian bisa coba tips jitu ini, agar skripsi selesai tepat pada waktunya.

Menetapkan Tujuan yang Jelas

Langkah utama yaitu menetapkan tujuan secara jelas harus dilakukan sebelum mulai menggarap skripsi. Kalian mesti paham tujuan dari skripsi yang hendak disusun. Apakah skripsi tersebut punya urgensi guna memberikan evaluasi atau solusi pada problematika terkini. Lebih dari itu, kalian juga harus punya motivasi yang kuat guna merampungkan tujuan agar dalam tiap progres mengerjakan skripsi tidak terasa sia-sia.

Pilih Waktu Spesifik untuk Mulai Menulis

Agar menulis skripsi jadi pekerjaan yang tidak melelahkan dan beban, akan baik bila

punya waktu yang spesifik dalam menulis. Perhatikan pula jangka yang diberikan dosen terkait untuk merampungkan skripsi, lalu susun jadwal dengan teratur. Setidaknya, kalian punya progres setiap hari meski kecil, jangan lupakan juga untuk atur waktu istirahat demi menjaga kesehatan.

Menyusun Tahap Penulisan yang Berbeda

Penulis karya ilmiah memiliki tiga tahapan, diawali dengan perencanaan, lalu penulisan, dan terakhir edit tulisan. Ketika tahap perencanaan kalian harus membuat kerangka yang nantinya jadi pedoman dalam menulis. Setiap ide diperoleh dari proses membaca dan menganalisis harus segera dituangkan dalam tulisan.

Jangan Bergantung pada Inspirasi

Menulis karya ilmiah sebenarnya tidak begitu butuh inspirasi. Sebab hanya perlu menulis yang didasarkan pada pola dan struktur bahasa baku. Untuk itu, adanya jadwal menulis skripsi yang dibuat akan membantu untuk tetap punya motivasi, lalu menuliskan ide, tanpa ada alasan untuk menunggu inspirasi.

 

Hindari Sikap Perfeksionis

Ingat, skripsi yang baik itu adalah skripsi yang selesai.Sebab, seringkali mahasiswa yang merasa memiliki ide bagus tetapi tidak mampu untuk menuangkan ide secara tepat dan cepat.

 

Hindari Menunda

Prokrastinasi merupakan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, inilah yang membuat peningkatan rasa cemas. Menunda waktu dalam proses skripsi akan membuat skripsi tidak akan selesai tepat waktu. Untuk melawan prokrastinasi ini dapat diawali dengan mematuhi jadwal yang sudah tersusun.

Lakukan Diskusi Rutin

Diskusi perlu dilakukan terutama berkaitan dengan topik yang diteliti. Jika menemui adanya kesulitan dalam merampungkan skripsi, jangan menutup diri untuk meminta bantuan orang lain yang lebih ahli di bidang yang berkaitan dengan topik skripsi.

Mahasiswa tingkat akhir, beberapa tips jitu yang bisa diterapkan untuk merampungkan skripsi tepat waktu. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar