Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Terbukti Ampuh, Ini Bahan Alami Untuk Menghilangkan Plak Gigi

Rodolfo, Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Plak atau karang gigi memang kerap kali membuat nafas cepat bau. Selain itu juga bisa membuat kepercayaan diri Anda menurun. Namun ternyata ada lho beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menghilangkan plak pada gigi.

Melansir dari salah satu sumber, Selasa (21/9/2021) plak adalah endapan keras yang membentuk dan melapisi gigi dan gusi. Ini terbentuk karena bakteri yang secara alami ada di mulut bercampur dengan sisa-sisa partikel makanan untuk membentuk lapisan lengket. Ketika plak tidak dirawat, plak akan mengeras dan berubah warna, membentuk karang gigi. Selain tidak sedap dipandang, plak juga menyebabkan pembusukan gigi dengan membangun dan menumbuhkan bakteri yang menggerogoti lapisan gigi atau email Anda. Nah berikut ini beberapa bahan alami yang dapat Anda coba untuk membersihkan karang gigi:

Biji wijen

Bahan alami ini dapat berfungsi sebagai scrub gigi yang cukup efektif. Bijinya bahkan dapat menghilangkan plak dan karang gigi tanpa merusak email Anda. Caranya cukup mudah yakni kunyah segenggam biji wijen, lalu gosok gigi tanpa menggunakan pasta gigi, dengan biji yang masih tersimpan di mulut. Setelah lima menit, kumur dan buang bijinya dengan bersih dari mulut Anda.

Minyak kelapa

Cara mudah untuk menghilangkan bakteri dari mulut dan meningkatkan kesehatan mulut adalah dengan minyak kelapa. Bahan alami ini dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Selain itu minyak kelapa juga mengandung asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba. Caranya taruh satu sendok makan minyak kelapa hangat di mulut. Lalu berkumur selama lima hingga 10 menit. Keluarkan dan kumur dengan air putih. Jika ingin memberikan efek kesat pada gigi, Anda bisa lanjutkan dengan menyikat gigi.

Lidah buaya dengan gliserin

Selain baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala, lidah buaya ternyata bisa merontokkan plak gigi Anda. Caranya ambil secangkir air, campur dengan setengah cangkir soda kue, dan satu sendok teh gel lidah buaya. Kemudian, tambahkan minyak esensial lemon yang sehat dan empat sendok teh gliserin nabati. Selanjutnya, gosok gigi Anda dengan bahan campuran tersebut, Dipastikan gigi Anda akan mengkilap di pagi hari. [rsf/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar