Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Terbebas dari Pikiran Negatif, Mulai Tumbuhkan Hal Positif

Foto oleh Michael Burrows dari Pexels

Surabaya (beritajatim.com) Keadaan dan sesuatu yang kurang menyenangkan tentu saja bisa terjadi. Salah satu contohnya adalah pikiran-pikiran negatif yang tiba-tiba datang apalagi ketika orang yang dilanda kemalangan di masa-masa penuh ujian. Sedangkan pada masa sulit memang bukanlah hal sangat mudah untuk tetap berputus asa bahkan berhenti berusaha.

Tapi dengan berpikir positif akan membuat menjadi lebih tenang. Selain itu, Pikiran positif membawa ketenangan untuk mereka yang selalu menjaganya. Ketika kita mengalami pikiran yang tenang, tubuh merespons sehingga sistem imun menjadi kuat bahkan tidak mudah terserang penyakit.

Alasan yang perlu dipahami mengenai cara berpikir positif:

 

Coba Miliki Dengan Pikiran Yang Terbuka

Seseorang yang memiliki pikiran terbuka cenderung lebih jarang muncul pikiran negatif. Maka, ada keyakinan selalu ada hal positif dalam setiap kejadian maupun itu hal buruk, cara berpikir ini akan sangat membantu. Bahkan ketika merasa terpuruk, orang dengan pikiran terbuka dapat melihat dari perspektif positif. Walaupun dalam kondisi tidak sedang baik-baik saja, coba dan usaha untuk melihat beberapa perspektif yang berbeda kemudian fokuskan pada perspektif positif.

 

Sadari Jika Kita Punya Kelebihan dan Kekurangan Masing- Masing

Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika kita sedang dihadapkan dengan berbagai persoalan, yang harus kita lakukan adalah selalu mengambil atau melihat sisi baiknya. Usahakan untuk selalu menghindari untuk mencari kesalahan orang lain, dengan begitu, akan melatih pikiran kita menjadi lebih positif.

 

Luangkan Waktu Untuk Menjalani Meditasi
Salah cara yang mudah dilakukan untuk menjaga pikiran adalah Meditasi. Ini merupakan relaksasi tubuh dan pikiran dalam melepaskan beban. Meditasi dapat dilakukan dengan kegiatan bercermin melihat diri sendiri sehingga bisa memperbaiki, mengoreksi, dan membenahi hal yang pernah dialami. Secara tidak langsung, meditasi bermanfaat dalam membuat pikiran kita yang lebih positif dan mencegah berbagai macam penyakit.

 

Tumbuhkan Rasa Optimisme
Saat kita memiliki rasa optimis tinggi tentu saja hal ini akan membuat kita menjadi pribadi yang tidak takut gagal dalam melakukan atau berbuat sesuatu. Selain itu, seseorang dengan rasa optimis cenderung siap dengan segala risiko yang terjadi, sehingga membuat kita lebih tenang ketika menghadapi segala sesuatu dan menghindari stres. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar