Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Tengah Menjalani Hubungan? Coba Amati, Sudah Dewasa atau Masih Kekanakan

unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Hubungan yang dewasa merupakan karakter hubungan yang diidamkan seluruh pasangan. Kamu dan pasangan pasti berkeinginan untuk menjalin hubungan yang dewasa. Agar tahu hubungan kamu sudah dewasa, atau masih butuh evaluasi dan perbaikan, berikut ini perbedaannya.

 

Pertama, hubungan dewasa paham akan jarak. Mereka paham jika satu dan yang lain perlu ruang untuk. sendiri. Untuk mewujudkan ini, kamu bisa belajar pada pasangan-pasangan yang telah matang, bahkan yang sudah berumah tangga. Kebanyakan pasti tahu jika masing-masing punya kehidupannya sendiri. Selain melakukan tanggung jawab, mereka juga tahu bagaimana menikmati hidup. Baik sebagai individu, teman, maupun bagian dari anggota keluarga. Mereka tidak perlu pasangan jadi pusat perhatian sepanjang 24 jam dalam seminggu.

Sementara itu, hubungan yang belum dewasa cenderung terlalu dekat. Bahkan hampir tidak ada privasi di antara mereka yang menjalani. Jenis hubungan yang seperti ini cenderung terlalu memuji pasangannya. Bagi mereka, pacar merupakan prioritas sepanjang waktu. Di setiap kesempatan, pacar selalu dilibatkan tanpa melihat konteks dan situasi.

Kedua, hubungan yang dewasa itu saling memanggil karena membutuhkan. Tak heran bila kamu perlu membangun komunikasi intens dengan pasangan. Namun, jika hubungan yang kurang dewasa cenderung mengalir apa adanya. Entah apa yang terjadi, hanya dibiarkan mengalir begitu saja. Kalian seperti tidak saling butuh, bahkan tidak tahu hubungan akan dibawa ke arah mana.

Ketiga, hubunganmu dewasa menjadikan kamu bisa jadi diri sendiri lewat suara dan pandanganmu. Namun kamu dan pacar juga saling menghargai dan menghormati. Kamu tetap bisa memiliki perspektif dalam hidupmu sendiri. Seandainya perspektifmu berbeda dengan pasangan, makan akan saling tetap bisa menghormati. Sementara, hubungan yang masih kekanakan cenderung ikut dengan si pacar. Pasangan tidak suka begini, maka kamu ikut. Pasangan mengharuskan kamu ikut peraturan, kamu patuh walaupun itu akan merugikan masa depan.

Keempat, hubungan dewasa selalu mendorong agar tumbuh dan berkembang. Lain halnya dengan hubungan yang masih kekanakan. Akan saling memaksamu untuk berubah. Kamu pun sebenarnya terjebak pada sosok yang sesungguhnya bukan dirimu. Bahkan perubahan tersebut membuat satu sama lain jauh dari sosok mereka yang sesungguhnya.

Sudah dewasa atau belum? Jika masih belum kalian bisa segera beralih demi hubungan jangka panjang.[dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar