Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Tema Paskah Tahun Ini Mengambil Semangat Penuh Kasih dan Lebih Baik dalam Persatuan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Perayaan Paskah tahun 2022 mengangkat tema Dipersatukan Kristus dalam Persekutuan yang Dihidupi Oleh Ekaristi. Semangat dalam tema kali ini diharapkan orang-orang Katolik bisa bersikap baik dan penuh kasih ditengah masyarakat.

“Tema ini diambil dari keuskupan Surabaya, harapannya orang-orang Katolik yang sudah dihidupi oleh Ekaristi dapat menjadi lebih baik dan mengutamakan kebersamaan dengan satu sama lain,” ujar Rama Anthonius Sapta Widada CM, Jumat (15/4/2022).

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, perayaan tahun ini dilakukan secara daring dan luring. Seperti di Gereja Katolik Santo Paulus di Jalan Panglima Sudirman, jemaat hanya dibatasi sebanyak 75 persen dari kapasitas gereja dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Seperti mencuci tangan, scan bukti vaksin, dan memakai masker.

“Selain itu, ada beberapa prosesi yang bersentuhan langsung maupun menimbulkan keumunan yang krodit ditiadakan,” ujar Rama asal Kabupaten Klaten Jawa Tengah itu.

Salah satu proses yang ditiadakan diantaranya, tidak melakukan pembasuhan kaki 12 murid. Pembasuhan kaki 12 murid itu digambarkan bahwa Yesus yang mencintai murid-muridnya dengan merendahkan diri kepada muridnya. “Jumat Agung juga tidak ada penciuman salip, dan tidak ada arak-arakan salip, hanya dilakukan di dalam gereja,” pungkasnya. [lus/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar