Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Kolaborasi Pelra, Pemprov Jatim, Pelindo

Telusuri Wisata Pulau Kecil Sumenep dengan Phinisi

Surabaya (beritajatim.com) – Asosiasi Pengusaha Pelayaran Rakyat (DPD. Pelra Jawa timur & Bali kerjasama dengan Pemprov Jatim dan Pelindo selama tiga hari 1-4 Maret 2022 menulusuri obyek wisata di pulau pulau kecil di kabupaten Sumenep. Pulau yang akan dikunjungi  antar lain, Gili Iyang, Gili Genting, Salarangan di kepulauan Kangean.

Menurut ketua Pelra Jatim, Salehwangen Hamsar, obyek wisata di pulau pulau kecil di kabupaten Sumenep tidak kalah eksotik dengan yang ada di Karimun Jawa, Jateng maupun Labuan Bajo dan daerah lainnya. Pelra yang menaungi usaha kapal rakyat bercirikan Phinisi, baik kargo maupun kapal penumpang terpanggil untuk ikut andil memberikan kontribusi mempromosikan obyek obyek wisata bahari di Jawa timur yang memiliki lebih dari 40 pulau pulau kecil sebagian besar berada di kab. Sumenep.

Salehwangen yang juga pengurus Kadin Jawa Timur Bidang Usaha transportasi dan pelayaran rakyat tersebut mengatakan, pihaknya siap mendatangkan kapal wisata phinisi untuk transportasi ke pulau pulau kecil.

“Pelra mengapresiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Pelindo atas upayanya membangkitkan wisata bahari di Jatim serta melestarikan budaya bahari,” kata Saleh Hamsar yang baru saja terpilih menjadi salah satu ketua DPP. Pelra Indonesia di Munas ke 13, Minggu lalu di Jakarta.

Menurutnya, kapal Phinisi yang sudah siap didatangkan laik laut dari berbagai ukuran dan type (Cruise) dilengkapi layar sebagai penggerak utama kapal serta marine engine sebagai mesin bantu. Kapasitas penumpang 30, 50, 70 orang.

“Kami mendahului implementasi Perpres 74 tahun 2021 tentang  pemberdayaan angkutan kapal pelayaran rakyat,” jelasnya.

Menurut rencana KM Flores Utama Indah, 56 GT akan berangkat dari Pelabuhan Gapura Surya, Tanjung Perak Surabaya dan akan menempuh perjalanan 225 mil laut. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim akan memandu perjalanan wisata bahari yang diinisiasi oleh Forum Komunikasi Masyakat Bone Raya tersebut. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar