Gaya Hidup

Telaga Soda Glagah Lamongan, Solusi Wisata Murah dan Aman Saat Pandemi

Telaga Soda di Desa Tanggungprigel, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Lamongan (beritajatim.com) РTelaga Soda di Desa Tanggungprigel, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menawarkan sensasi menggoda kepada para pengunjung. Biaya masuk ke lokasi gratis, hanya perlu mengeluarkan kocek untuk uang parkir Rp.2.000, pengunjung bisa merasakan serunya  bermain di telaga.

Telaga Soda ini dulunya adalah tambak, lalu disulap menjadi telaga ekowisata. Soda merupakan singkatan dari Sogoh Dayoh, yang dalam bahasa Indonesia berarti menjamu tamu. Karena setiap ada tamu yang datang ke desa ini, seringkali dijamu dengan ikan hasil dari tambak yang ada di desa ini.

View telaga Soda ini, luasnya kurang lebih 120×55 m. Suasana alam khas pedesaan yang dipadukan unsur edukatif pada bidang perikanan membuat telaga Soda menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi.

Di dalamya terdapat spot-spot foto yang instagramable, beri pakan ikan, playground untuk anak-anak, gazebo, kantin, serta waterball dan perahu bebek yang keduanya disewakan dengan harga Rp 10.000.

Kepala Desa Tanggungprigel, Hasif, menyampaikan, bahwa wisata Telaga Soda memiliki keunggulan dalam keindahan alamnya, mulai dari semburat senja di sore hari hingga rimbunnya suasanya alam yang ciamik. Dengan keunggulan tersebut, banyak pengunjung yang berdatangan ke Soda, khususnya saat sore hari, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Protokol kami ketatkan di sini, sore biasanya pengunjung berdatangan, warga desa kami gerakan untuk berjualan, seperti arahan Bupati,” ujarnya, saat dihubungi via seluler, Jumat (23/04/2021).

Sejak bulan Ramadan, lanjut Hasif, pengunjung wisata makin banyak, meski didominasi warga sekitar desa.

“Karna sudah punya tempat wisata kami tinggal menambah ornamen biar makin menarik, saat Ramadan gini, tiap sore selalu jadi rujukan ngabuburit meski masih didominasi warga lokal,” terangnya.

Keberhasilannya menyulap telaga menjadi lokasi ekowisata itu menjadi daya tarik tersendiri, apalagi setelah Bupati mengarahkan untuk membuat taman tematik tiap desa, ia makin percaya diri wisata Soda bisa jadi solusi wisata aman nan nyaman dikunjungi saat pandemi.

 

“Sebelum Ramadan pun kami ketatkan Prokes, saat dapat instruksi dari Bupati kami langsung buat pasar dadakan di lokasi wisata, inovasi juga kami hadirkan untuk menarik minat pengunjung seperti lomba melukis hingga fashion show,” jelasnya.

Telaga Soda di Desa Tanggungprigel, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamongan, Khusnul Yaqin turut mengapresiasi upaya dari Desa Tanggungprigel dalam meningkatkan pendapatan desa melalui ekowisata ini.

“Disana sudah punya tempat keren, tinggal eksekusi, inovasi-inovasi yang digagas oleh kades juga cukup solutif,” ucap Khusnul

Pengelola dan warga sekitar telaga Soda Desa Tanggungprigel berharap, akan ada banyak wisatawan yang berkunjung ke Soda, sehingga dapat lebih meningkatkan pendapatan ekonomi desa dan memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa.

Para petugas di lapangan pun senantiasa melayani wisatawan dengan sebaik-baiknya. Meski masih proses tahap pembangunan, khususnya penambahan sarana dan prasarana wisata. (ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar