Gaya Hidup

Taushiyah: Jangan Suuzhzhan

Ferry Is Mirza

Jika kita berteman dengan seorang muslim, di mana dia itu termasuk termasuk dalam katagori sahabat karibmu, maka dia memiliki dua hak; hak umum dan hak khusus, yaitu engkau jauhi sifat su-uzhzhan terhadapnya dan engkau menjaga dirimu dari buruk sangka. Karena Allah melarang buruk sangka.

Allah berfirman: “Jauhilah kalian dari kebanyakan persangkaan, sesungguhnya sebagian prasangka adalah dosa” (QS.Al-Hujuraat: 12)

Ingat! Janganlah menjadikan diri kita ini untuk sibuk menilai orang. Jangan lupa, aib kita yang segunung pun kita tutupin. Karena sangat dimungkinkan sekali aib yang kita tutupin itu lebih banyak daripada ibadah yang kita tutupin. Luruskan niat, innamal a’malu binniyat, asal udah diniatkan lillah, tak peduli apa kata orang.

Mereka tak tahu isi hati kita, cuma Allah yang ‘alimum bidatis shuduur. “Kan semua itu ada awal niatnya. Selama ada maslahat syar’i dalam menampakkan amal shalih, seperti agar dicontoh oleh orang lain dan mendorong mereka untuk melakukan kebaikan, serta bersih dari riya` dan mencari popularitas, maka tidak mengapa.”

“Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kalian lantaran (meminum) khamar (arak) dan berjudi itu, dan menghalangi kalian dari mengingat Allah dan shalat. Maka berhentilah kalian (dari mengerjakan pekerjaan itu).” (QS.Al-Maidah: 91). [fim/air/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar